Harga Komoditas Kebutuhan Pokok Cenderung Stabil

IST
STABIL: Harga berbagai komoditas pangan masyarakat, salah satunya cabai, di Kota Sukabumi terpantau cenderung stabil.
0 Komentar

JL SURYAKENCANA – Harga beragam komoditas pangan di Kota Sukabumi berangsur stabil, terutama pada komoditas sayuran. Meskipun harganya masih berpotensi naik-turun, tapi sejauh ini cukup terkendali. Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi, M Rifki, menuturkan berfluktuasinya harga masih terjadi pada komoditas pangan, terutama beberapa jenis sayuran. Di antaranya cabai dan bawang.

“Melihat data perkembangan harga hasil monitoring lapangan ke Pasar Pelita dan Tipar Gede, memang belum stabil. Tapi ada kecenderungan harganya turun,” kata Rifki. Hasil pemantauan di lapangan, komoditas pangan yang sebelumnya naik, saat ini mulai stabil. Cabai merah besar lokal misalnya, saat ini harganya kisaran Rp48 ribu per kg.

Pun komoditas cabai merah keriting masih di kisaran Rp38 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp55 ribu per kg, dan bawang merah Rp25 ribu per kg. “Kondisi ini karena pasokan sudah kembali normal,” tuturnya.

Baca Juga:Pj Wali Kota Sukabumi Hadiri Pembukaan Roadshow Bus KPKWas-was Kapasitas TPA Cikundul Penuh *DLH Cari Solusi Alternatif

Harga berbagai komoditas kebutuhan pokok dan penting lainnya relatif masih stabil. Misalnya beras Ciherang Cianjur I Rp15 ribu per kg, Ciherang Cianjur II Rp14.800 per kg, Ciherang Sukabumi Rp15 ribu per kg, beras premium I Rp15 ribu per kg, medium kelas I Rp13.300 per kg, dan beras medium lokal terendah kisaran Rp13 ribu per kg.

“Untuk daging sapi rata-rata kisaran Rp130 ribu per kg dan daging ayam Rp35 ribu per kg,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar