Ketua PWI Kota Sukabumi Ingatkan Anggota Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Ist
Ketua PWI sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Kota Sukabumi Ikbal Zaelani Saptari mengingatkan seluruh anggota PWI agar mendukung Pemilu yang jujur dam adil. Untuk itu, mengajak wartawan untuk menjaga netralitas pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Kami mengajak wartawan khususnya, anggota PWI Kota Sukabumi untuk bersikap netral dalam meliput pesta demokrasi atau Pilkada tahun 2024 ini,” kata dia.

Ikbal menegaskan, sikap independent tidak berpihak dan mengedepankan keberimbangan sangat penting dikalukan oleh awak media. Wartawan kiranya dapat menunjukkan wadah sarana yang netralitas dan menyajikan berita yang berkualitas.

Baca Juga:Pemkot Sukabumi Pastikan Masyarakat Mendapat Pelayanan Sosialisasikan Pemanfaatan Data Kependudukan untuk ValiDorong Penggunaan PLTS Atap, Direksi PLN Icon Plus Kunjungi PT Indocement Tunggal Prakarsa di Cirebon

” Meskipun seorang wartawan memiliki hak pilih, namun tetap harus menyajikan berita yang berimbang dan menunjukan sikap independentnya,” tegasnya.

Ikbal menambahkan, fungsi dan peran pers pada pesta demokrasi lima tahunan in sangat krusial, dan diperlukan dalam mendorong proses Pilkada yang transparan, jujur, dan adil. Profesi wartawan sebagai pilar keempat demokrasi, sangat berperan penting dalam kelangsungan dan suksesnya proses demokrasi Pemilu 2024.

“Wartawan PWI Kota Sukabumi harus mengutamakan kepentingan publik di dalam setiap pemberitaannya,” tandasnya.

Tak hanya itu, peran wartawan dibutuhkan sekali dalam upaya menangkal penyebaran informasi bohong atau hoax sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat. Makanya, wartawan agar mampu meluruskan informasi -informasi hoax atau berita bohong sesuai kode etik Jurnalistik,

” Mari kita ikuti proses demokrasi Pilkada ini dengan menyajikan berita-berita yang informatif dan bisa mewujudkan Pemilu damai,” pungkasnya.

0 Komentar