oleh

Wali Kota Sukabumi Salurkan Donasi Udunan Online

BALAIKOTA – Upaya donasi yang digalang Udunan online di Kota Sukabumi terus digencarkan. Bahkan, pada Rabu (11/8) ini Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyalurkan donasi dalam program Udunan Online.com yang dikelola Forum Silih Asah Asuh sekaligus kepada tiga orang warga yang membutuhkan di Kecamatan Gunungpuyuh dan Citamiang.

Penerima bantuan pertama yakni Faisal, di Kampung Kebon Danas Kelurahan Karangtengah Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi untuk perbaikan rumah sebesar Rp 15.281.000. Selanjutnya perbaikan rumah Bu Aisah seorang janda tua dan suaminya meninggal dunia beberapa tahun lalu dengan kondisi Disabilitas Tuna rungu/wicara warga kelurahan Tipar Kecamatan Citamiang sebesar Rp 15.270.000.

Ketiga bantuan perawatan balita Mosses Axelle Putra Yus yang tinggal di Kelurahan/Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi, kondisinya mempunyai kelainan mengidap penyakit Hipotiroid dan Down Syndrome Rp 10.420.000. ”Program ini digulirkan agar dapat lebih cepat membantu warga kesulitan dengan dukungan masyarakat Kota Sukabumi,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi.

Masalah sosial dan ekonomi tidak bisa langsung ditangani pemerintah dengan berbagai kondisi baik keuangan dan kewenangan. Oleh karenanya digagas Udunan Online.

Meskpin terang Fahmi, belum semua warga memberikan donasi lewat udunan online karena baru dari kalangan pemerintah daerah dan sekitarnya. Namun berharap program ini bisa disebarkan kepada warga. ”Jika makin banyak yang berdonasi maka upaya mengentaskan masalah sosial akan lebih banyak lagi,” imbuh Fahmi. Ke depan Udunan online diharapkan tumbuh dan berkembang dan mari sama- sama sosialisasikan program ini agar jadi bagian budaya warga Sukabumi.

Misalkan setiap Jumat berkah warga bisa berdonasi Rp 10 ribu atau Rp 5 ribu maka hal ini sudah luar biasa. ” Saya yakin akan banyak masalh sosial bisa diselesaikan berbasis masyarakat,” kata Fahmi.

Dukungan perbaikan rumah dan membantu warga yang sakit ini kata Fahmi besarannya dinilai belum bisa mencukupi karena hanya stimulans. Namun donasi Udunan Online dari para donatur diharapkan memberi manfaat terbaik bagi warga.

Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Punjul Saeful Hayat mengatakan, ide program ini berawal dari Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Di mana bantuan ini berbasis masyarakat untuk membantu warga dengan cepat berdasarkan donasi dari warga. Di mana kata Punjul, saat ini donatur terbanyak dari kalangan Pemkot Sukabumi. Ke depan para donatur bisa berasal dari semua elemen masyarakat. (rls/ist)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *