Korespondensi Pemerintah Dilakukan Secara Elektronik, Terus Mendorong Penerapan SPBE

Korespondensi Pemerintah Dilakukan Secara Elektronik, Terus Mendorong Penerapan SPBE
0 Komentar

SUKABUMI – Rapat koordinasi persandian dan evaluasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) digelar di Balai Kota Sukabumi, kemarin (12/12). Kegiatan yang dipimpin Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada ini untuk mendorong peningkatan kualitas penerapan SPBE di Pemkot Sukabumi.

“Rakor ini sangat penting untuk mengevaluasi pelaksanaan SPBE agar makin baik di waktu mendatang,” ujar Dida, kemarin.

Pemkot Sukabumi telah merencanakan SPBE sebagai basis penyelenggaran pemerintahan. Misalnya dalam penerapan jaringan komunikasi sandi email Sanapati.

Baca Juga:Kota Sukabumi Alami Inflasi 0,18 Persen pada NovemberPenetapan UMK 2023 Segera Disosialisasikan ke Perusahaan

“Alhamdulillah sudah berjalan 100 persen di Kota Sukabumi untuk mengganti pengantaran surat secara manual dan kini secara online. Tentu ini bisa lebih cepat, walaupun setahun terakhir masih uji coba,” kata Dida.

Ke depan Dida berharap SPBE bisa terus dilanjutkan karena jadi amanat pemerintah pusat dan tantangan perkembangan teknologi. Email Sanapati melayani surat dari pusat dan daerah atau antarinstansi pemerintah secara tertutup. Sehingga surat keluar-masuk aman dari orang orang tidak perlu tahu mengenai surat itu.

Operator setiap OPD adalah ASN yang diharapkan bisa menjaga kerahasiaan. Selain itu, setiap website dilaporkan ke Diskominfo untuk keamanan karena rutin dilakukan penetrasi tes secara berkala sesuai tupoksi.

“SPBE merupakan bagian penilaian beberapa indikator. Dengan evaluasi dan rakor SPBE ini harapannya menjadi lebih baik dan dokumen harus lebih aman sesuai dengan tujuan,” tegasnya. (rls)

0 Komentar