Petani Buah di Kampung Cibugis Gelar Festival Cempedak

Petani Buah di Kampung Cibugis Gelar Festival Cempedak
0 Komentar

PARUNGKUDA,SUKABUMIEKSPRES – Petani Buah ,Wilayah Kabupaten Sukabumi subur akan potensi pertanian, sektor ini pun menjadi salah satu pembangunan prioritas Pemkab Sukabumi.

Kali ini, produk pertanian unggul yang ada Kabupaten Sukabumi adalah Buah Cempedak. Tak berlebihan jika sebelumnya ada Festival Durian, saat ini merambah ke Festival Cempedak yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Parungkuda berkolaborasi dengan masyarakat, kelompok Tani Kampung Cibugis dan Pemerintah desa, Kamis (16/1).

BACA JUGA: Kecamatan Kalapanunggal Gelar Festival Durian

Tujuan festival Cempedak di Kampung Cibugis, Desa Palasarihilir, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi ini bertujuan untuk mengenalkan potensi pertanian yang dimiliki Kampung Cibugis agar bisa dikenal lebih populer oleh masyarakat. Sehingga bisa meningkatkan nilai jual yang tentu akan mendorong kesejahteraan petani.

Baca Juga:Jalan Menuju Geopark Ciletuh Tertutup LongsorMusrenbang Kecamatan Palabuhanratu Usulkan 62 Program Prioritas

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan syukur dan apresiasi atas gelaran Festival Buah Campedak ini. Menurutnya, itu langkah strategis yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat khususnya petani.

“Ini bisa menjadi momentum dan potensi penunjang bagi perekonomian masyarakat Kabupaten Sukabumi, apalagi dilaksanakan secara berkelanjutan,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ribuan Warga Padati Festival Durian Lokal Unggulan

Ia menjelaskan bahwa Kabupaten Sukabumi memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah serta tanah yang subur, sehingga sektor pertanian bisa menjadi potensi unggulan.

“Maka dari itu, setiap Kecamatan dan Desa diharapkan mampu memberikan ide gagasan atau inspirasi bagi pertumbuhan ekonomi, jangan sampai lahan ini nantinya berubah fungsi, karean itu harus di optimalkan potensinya,” tegasnya

menambahkan buah cempedak bisa memberikan nilai tambah apabila bisa dimodifikasi produk dan dikemas dengan baik, hingga bisa dikenal lebih luas serta dapat memberikan multiplier efek terhadap kesejahteraan masyarakat. (IST)

0 Komentar