Jadwal Sidang Isbat Ramadhan 1444 Hijriah

Jadwal Sidang Isbat Ramadhan 2023
Jadwal Sidang Isbat Ramadhan 2023
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESS- Jadwal Sidang Isbat Ramadhan 1444 Hijriah merupakan hal yang paling dinantikan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Hal yang paling perlu diketahui yaitu awal puasa Ramadhan yang biasanya ditentukan melalui sidang isbat. Sidang isbat merupakan metode yang dilakukan dalam menentukan awal bulan Suci Ramadhan.Lalu kapan sidang isbat penentuan awal Ramadhan 2023?

Apa itu sidang isbat? banyak yang masih belum mengetahui arti dari sidang isbat itu sendiri. Dilansir dari KBBI, sidang isbat berarti penetapan atau penentuan.

Pada umumnya sidang isbat ini dilakukan untuk mengetahui serta menetapkan awal Ramadhan, atau hari-hari penting di kalender Hijriah. Maka dari itu, kapan sidang isbat Ramadhan 2023 ini akan dilaksanakan.

Baca Juga:Kini Tiket Mudik Lebaran Kereta Api Untuk Mudik 2023 Telah Dapat Dibeli: Berikut Jadwal dan Persyaratannya!Keracunan Massal di Lembang

Di Indonesia sendiri sidang isbat dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia dan dilakukan satu hari sebelum penetapan awal Ramadhan.

Di dalam sidang isbat, Menteri Agama akan mendengarkan beberapa masukan dari para ulama dalam penetapan awal Ramadhan. Ada pun dua metode yang dilakukan dalam menetapkan awal Ramadhan, pertama adalah menggunakan metode rukyatul hilal dan kedua metode hisab.

Metode rukyatul hilal adalah kegiatan yang mengamati bulan sabit pada awal fase bulan baru secara langsung atau dengan mata telanjang.

Sedangkan metode isab merupakan sebuah metode yang dilakukan secara perhitungan astronomi yang sistematis, cara ini menghitung posisi dari bulan untuk menetapkan awal bulan Ramadhan dengan menggunakan komputer canggih.

Lalu kapan sidang isbat akan dilakukan?

Pelaksanaan sidang isbat ini dilakukan sehari sebelum penetapan bulan Ramadhan. Namun bagi Muhammadiyah, sudah menetapkan awal bulan ramadhan 2023 pada tanggal 23 maret 2023. Hal ini relevan dengan isi dari Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah No.1/MLM/I.0/E/2023 mengenai Penetapan Hasil Hisab Ramadhan.

Sementara itu, bagi Nahdlatul Ulama (NU) untuk menetapkan awal bulan Ramadhan melalui sidang isbat dengan menantikan hasil dari pemantauan hilal.

Demikian ulasan mengenai jadwal sidang isbat untuk menetapkan awal Ramadhan. Semoga pada Ramadhan 2023 mendatang ini kita semua selalu diberikan kelancaran, ketekunan , dan ketaqwaan selama menjalankan puasa Ramadhan ini. Semoga informasi ini bermanfaat!

0 Komentar