Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Pola Hidup Sehat Saat Berpuasa
Hidup Sehat Saat Puasa/https://id.pinterest.com/pin/232146555779479629/
0 Komentar

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh memang wajib kita tekuni saat menjalankan ibadah puasa agar dapat beraktifitas sehari-hari dengan baik. Kali ini menjelang bulan suci Ramadhan dimana banyak hal yang sangat dinantikan bagi seluruh umat Muslim di dunia ini. Bulan Ramadhan ini identik dengan melaksanakan puasa selama 30 hari.

Dalam syari’at Islam, puasa berarti menahan diri dari semua sesuatu yang dapat membatalkan dari mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, serta niat menjalankan ibadah puasa. Perlu kita diketahui, bahwa puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun secara bathin. Banyak manfaat bagi tubuh diantaranya menurunkan berat badan hingga menjaga kesehatan otak. Berikut beberapa rangkuman dari manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang dilansir dari Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.

  1. Puasa dapat mengurangi gula darah dalam tubuh, dalam hal ini puasa dapat membantu pengurangan resistensi terhadap insulin dan kadar gula yang berlebih. Hal ini pun dapat terjadi dikarenakan insulin akan membantu mengontrol gula darah di dalam tubuh dan membawa gula tersebut menuju sel-sel di tubuh dan akan menjadikan sumber energi tambahan.
  2. Ketika sistem tubuh sedang melawan infeksi seperti peradangan, hal tersebut merupakan hal yang wajar-wajar saja. Namun tetap akan tidak terasa nyaman bagi tubuh kita karena nyeri peradangan yang terus berlanjut. Apabila peradangan ini didiamkan saja, akan menyebarkan infeksi pada bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, dengan melaksanakan puasa akan mengurangi peradangan pada tubuh.
  3. Puasa dapat meningkatkan kesehatan jantung, hal ini karena pola makan yang biasa kita lakukan sehari-hari akan berubah sehingga dari kebiasaan gaya hidup kita yang kurang baik, dengan puasa kita dapat mengontrol asupan makanan pada tubuh dengan teratur. Maka dari sistem peredaran darah dalam tubuh menuju jantung akan berjalan dengan lancar.
  4. Bukan hanya pada kesehatan jantung, puasa pun dapat meningkatkan kesehatan pada otak kita.
  5. Bagi yang ingin melakukan diet dalam menurunkan berat badan, puasa bisa menjadi salah satu opsi menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan puasa meningkatkan metabolisme dengan menambah kada neurotansmiter norepinefrin yang akan membuat peningkatan pada penurunan berat badan.
  6. Puasa pun memiliki manfaat dalam meningkatkan hormon pertumbuhan. Jadi selain memiliki manfaat dalam menurunkan berat badan, puasa pun dapat meningkatkan hormon dalam tubuh seperti pertumbuhan kekuatan pada otot.
0 Komentar