Doa dan Amalan Malam Nisfu Syaban

Doa dan Amalan Malam Nisfu Syaban
Ilustrasi berdzikir dan berdoa. Sumber Foto: Pixabay
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Malam Nisfu Syaban merupakan salah satu malam yang mulia setelah Lailatul Qadar. Pada malam ini ini diyakini semua dosa akan dihapuskan bagi mereka yang meminta ampun.

Berdasarkan Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2023 M oleh Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) RI, tanggal 1 Syaban 1444 H atau 2023 bertepatan dengan hari Rabu, 22 Februari 2023. Maka dari itu, malam Nisfu Syaban jatuh Selasa, 7 Maret 2023.

Maka dari itu membaca doa dimalam Nisfu Syaban merupakan salah satu amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang muslim.

Baca Juga:The Glory Season 2 Lebih Menegangkan? Berikut Spoiler dan Tanggal RilisnyaIbnu Wardani Dirujak Netizen, Sebut Buka Pintu Taksi di Jepang Bayar Rp1,4 Juta

Malam Nisfu Syaban ialah pertengahan bulan syaban atau hari ke-15. Dalam hadist-nya, Rasulullah menganjurkan umat muslim agar menghidupkan malam Nisfu Syaban dengan memperbanyak beribadah serta berbuat baik.

Selain itu, melansir situs kemenag.go.id, dalam hadis riwayat Ibnu Majah, juga disebutkan bahwa Allah SWT akan mengabulkan permohonan hambanya yang bersungguh-sungguh.

“Ketika malam Nisfu Syaban tiba, maka beribadahlah di malam hari dan puasalah di siang hari. Sungguh (rahmat) Allah turun ke langit dunia saat tenggelamnya matahari.”

“Kemudian Dia berfirman; Adakah orang yang memohon ampunan kepada-Ku, maka Aku ampuni. Adakah orang yang meminta rezeki kepada-Ku, maka Aku beri rezeki. Adakah orang yang meminta kesehatan kepada-Ku, maka Aku beri kesehatan. Adakah begini, Adakah begini, sehingga fajar tiba.” (HR. Ibnu Majah).

Berikut ini merupakan doa yang dapat dibaca selesai shalat maghrib sebagai amalan malam Nisfu Syaban.

1. Doa Malam Nisfu Syaban 1

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى اللهُمَّ إِنِّيْ اللَّهُمَّ اِنِّى أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَ اْلمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة

Allaahumma innaka ‘afuwwung- kariimung-tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii. Allaahumma innii asalukal ‘afwa wal ‘aafiyata wal mu’aafaataddi imati fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan maka maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon maaf, afiyah, dan keselamatan yang terus-menerus dalam agama, dunia serta akhirat.”

2. Doa Malam Nisfu Syaban 2

Baca Juga:Sudah 2023 Ibu Indah Tetap Benci Arie Kriting, Nursyah: Dia Pakai Jin dan SetanKronologi Kebakaran di Depo Pertamina Plumpang, Warga: Bau Bensin Menyengat

Selanjutnya ada doa Nisfu Syaban yang dicatatkan oleh Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya dalam kitabnya, Maslakul Akhyar, doa malam Nisfu Syaban berikut seperti dikutip dari NU Online.

0 Komentar