Kemegahan Patung Yesus Memberkati Tana Toraja, Tingginya Kalahkan Patung Yesus Rio de Janeiro

Kemegahan Patung Yesus Memberkati Tana Toraja, Tingginya Kalahkan Patung Yesus Rio de Janeiro Brazil
Potret Patung Yesus Memberkati Tana Toraja/sumber: Antarafoto
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Di Negara Brazil terkenal dengan Patung Yesus, Cristo Redentor. Patung tersebut terletak tepatnya di Rio de Janeiro. Patung ini juga merupakan ikon Negara Brazil. Dalam sejarahnya Patung Yesus Cristo Redentor dibangun sekitar tahun 1922-1931, patung Christ the Redeemer atau Kristus Sang Penebus iletaknya ada di puncak Gunung Corcovado.

Tak kalah dengan Brazil, Indonesia juga mempunyai patung Yesus yang megah dan juga besar, yang bernama Patung Yesus Memberkati atau Patung Yesus Buntu Burake. Patung ini berdiri tepatnya di puncak Bukit Buntu Burake, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Main Gratis di Bandung, Gaperlu Ngeluarin Uang!

Patung Yesus ini dikatakan merupakan patung Yesus yang tertinggi di dunia karena berada di atas bukit setinggi 1.700 meter di atas permukaan laut. Bangunan patung ini memiliki ketinggian sampai dengan 40 meter. Dengan tinggi landasan 17 meter, dan tinggi patung mencapai 23 meter, serta patung ini terbuat dari coran perunggu. Ikon wisata Tana Toraja ini mengalahkan tinggi patung Yesus Kristus Penebus di Brazil jika dihitung dari permukaan laut.

Baca Juga:Sudah 2023, Hilal Vagabond 2 Belum Terlihat?Cara Defisit Kalori dan Cara Menghitungnya, Pasti Turun dan Sehat!

Patung yang dirancang oleh seniman asal Yogyakarta bernama Supriadi, dibantu oleh Hardo Wardoyo Suwarto, dan dibuat atas inisiasi Gubernur Sulawesi SelatanSyahrul Yasin Limpo sebagai upaya untuk memajukan pariwisata Tana Toraja. Selanjutnya, rencana tersebut berhasil dijalankan karena setelah pembangunannya, pada tahun 2016 kunjungan wisatawan ke Tana Toraja meningkat sebanyak satu juta wisatawan.

Patung Yesus Memberkati telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dengan penandatanganan prasasti peresmian pada tanggal 23 Desember 2018 di sela-sela Perayaan Natal Oikumene Tana Toraja.

BACA JUGA: Sudah 2023, Hilal Vagabond 2 Belum Terlihat?

Pesona patung Yesus Memberkati ini terlihat sangat indah dan megah. Tubuh patung Yesus Kristus terpampang jelas dan mewah. Tangan Yesus Kristus yang membentang serasa memberkati Tana Toraja. Untuk mencapai puncak atas Patung Yesus Memberkati ini harus melewati sekiranya 7.777 anak tangga.

Dari atas patung ini disogohkan dengan   keindahan Kota Makale. Kawasan objek wisata patung Buntu Burake ini dikelilingi oleh empat kampung, yaitu; di Kampung Buisun di sebelah utara; Kampung Lea di sebalah timur; Kampung Limbong di sebelah selatan; dan Kampung Burake di sebelah barat.

0 Komentar