Event Trail Sebabkan Ranca Upas Rusak, Warga: Lihat Nih Ancur!

Warga Murka Karena Event Trail Sebabkan Ranca Upas Rusak, Warga: Lihat Nih Ancur!
Cuplikan Video Mengenai Kawasan Ranca Upas Pasca Event Motor Trail/Sumber: TikTok @ress.devils
1 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Sebuah cuplikan video pria murka di Ranca Upas, Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, viral dimedia sosial. Hal itu tak lain penyebabnya karena event trail motor yang berlangsung pada Minggu, 5 maret 2023.

Video yang diunggah pada Rabu, 8 Maret 2023 oleh akun tiktok bernama @ress.devils, memperlihatkan seorang pria yang belum diketahui identitasnya tak bisa menutupi kekecewaan usai melihat beberapa bagian di kawasan Ranca Upas rusak parah akibat event trail motor yang telah digelar pada Minggu, 5 Maret 2023.

Dalam video tersebut terlihat seorang pria sambil memegang tanaman bunga dan golok dipinggangnya, memperlihatkan sekeliling rancaupas yang rusak, terlihat suasana rancaupas yang berbeda, dikarenakan sudah tidak nampak lagi tanaman hijau atau bunga yang biasanya tumbuh di tempat tersebut.

Baca Juga:Miris! Seorang Nenek Dirudapaksa Pria 65 Tahun di Desa SukamurniKemegahan Patung Yesus Memberkati Tana Toraja, Tingginya Kalahkan Patung Yesus Rio de Janeiro

“Panitia di acara event trail di kampung Ranca Upas dan khususnya buat orang Perhutani yang memberikan kebijakan, memberikan izin terkait acara tersebut, lihat nih dampaknya, seperti ini, hancur!” ujar pria tersebut dalam video berdurasi 1 menit 37 detik.

Dalam video tersebut, jelas seorang pria itu merasakan kekecewaan yang diakibatkan oleh adanya event motor trail yang telah dilaksanakan di Ranca Upas. Banyak wilayah yang rusak, salah satunya ialah bunga rawa yang telah dikembangbiakan oleh oleh pria yang ada didalam video tersebut.

“Lihat, hancur tidak? Lihat sama mata anda! dan lokasi ini meskipun banyak rumput biar anda paham sudah saya tanam lagi, saya kembang biak di sini bunga rawa. Sedangkan bunga ini di dunia itu hanya ada di dua tempat, paham enggak kalian, termasuk di Indonesia itu hanya dua tempat yaitu Ranca Upas dan Danau Ciharus Kamojang Garut, paham enggak?” ucapnya dengan kekesalan.

BACA JUGA: Miris! Seorang Nenek Dirudapaksa Pria 65 Tahun di Desa Sukamurni

Pria tersebut juga menyampaikan bahwa untuk menanam tanaman tersebut butuh waktu yang lama, serta untuk menghijaukan lagi lokasi tersebut membutuhkan waktu.

“Lihat nih hancur, apa ini, hancur! Lihat! Tumbuh lagi enggak? Susah! menghijaukan lokasi ini juga kapan mau hijau lagi, paham enggak, butuh waktu!” kata pria itu diakhir video.

1 Komentar