Kalian Sudah Mengetahui Beberapa Istilah Dalam Gempa Bumi?

Beberapa Istilah Dalam Gempa Bumi! Wajib Kalian Ketahui!
Photo: Antaranews.com
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Peristiwa gempa bumi merupakan getaran atau goncangan terjadi di permukaan bumi. Mengakibatkan pelepasan energi dari dalam bumi oleh pergerakan lempeng tektonik atau aktivitas vulkanik. Secara geografis wilayah Indonesia merupakan salah satu rentan bencana satu ini karena wilayah Indonesia mempunyai jalur tiga lempeng. Antaranya lempeng Australia, lempeng pasifik, dan Eurasia.

Maka dari itu ada terdapat beberapa istilah dalam gempa bumi untuk mengetahuinya simak di bawah ini:

  • Pergeseran tanah

Pergeseran atau perubahan posisi tanah akibat dari getaran bumi, yang dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan dan infrastruktur. Pergeseran tanah dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk likuifaksi tanah, retakan, dan pergeseran vertikal atau horizontal.

Baca Juga:Ada Beberapa Istilah Dalam Sepak Bola! Simak Berikut IniSmartphone Entry Level Punya NFC? Realme C55 NFC Harga 2 Jutaan!

  • Magnitudo

Ukuran kekuatan atau besar kecilnya peristiwa pada skala Richter. Magnitudo dinyatakan dalam angka yang meningkat secara eksponensial, misalnya magnitudo 6,0 lebih kuat daripada magnitudo 5,0.

  • Hiposentrum

Titik di dalam bumi di mana gempa bumi terjadi, juga dikenal sebagai fokus atau sumber peristiwa ini. Hiposentrum terletak di bawah episentrum dan dapat berada pada kedalaman yang bervariasi tergantung pada jenis gempa.

  • Aftershock

Gempa bumi kecil yang terjadi setelah gempa utama dan biasanya berlangsung selama beberapa hari atau minggu setelahnya. Aftershock dapat menyebabkan kerusakan tambahan pada bangunan dan infrastruktur yang telah terdampak oleh gempa utama.

  • Plate tectonics

Konsep ilmiah yang menjelaskan bahwa permukaan bumi terdiri dari beberapa lempeng besar yang bergerak dan bertabrakan satu sama lain, dan menghasilkan gempa bumi.

  • Episentrum

Titik pada permukaan pada tepat di atas sumber gempa bumi, di mana merasakan getaran gempa terkuat. Episentrum biasanya merupakan titik di mana kerusakan yang paling parah terjadi.

  • Tsunami

Peristiwa ini merupakan gelombang laut raksasa yang terbentuk akibat letusan vulkanik di dasar laut. Tsunami dapat mencapai ketinggian yang sangat tinggi dan menyebabkan kerusakan yang parah pada daerah pantai.

  • Zona Subduksi

Batas antara lempeng benua dan samudra di mana salah satu lempeng bumi meluncur di bawah yang lainnya. Zona subduksi merupakan tempat di mana terjadi banyak peristiwa dan aktivitas vulkanik karena tekanan dan gesekan antara lempeng bumi yang berbeda.

0 Komentar