Pemain Naturalisasi Indonesia Demo PSSI, Ada Apa?

Potret Pemain Naturalisasi Indonesia asal Belanda, Ezra Wallian
Ezra Wallian berduel dengan pemain Antalyaspor saat TC di Turki, 27/11/2021 (Foto: www.pssi.org)
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRESPSSI baru saja melaksanakan sarasehan bersama pengurus klub Liga 1 dan Liga 2 di Surabaya, Jawa Timur pada 4 Maret yang lalu.

Dampak dari hasil sidang PSSI terhadap bagaimana regulasi liga di musim depan mendapat ketidaksetujuan dari berbagai pihak. Hal yang paling disorot adalah bagaimana regulasi pemain dan sistem liga di Liga 1 musim depan.

Untuk sistem liga, PSSI mengatakan bakal mengubah nama Liga 1 musim depan menjadi Liga Indonesia dan Liga 2 berubah menjadi Liga Nusantara.

Baca Juga:Inilah Jam Masuk Dan Durasi Belajar Yang Ideal Untuk Anak Sesuai Dengan Anjuran Kesehatan!Sekolah Terlalu Pagi Di NTT, Inilah Efek Sampingnya!

Sedangkan, untuk regulasi pemain terdapat beberapa peraturan yang banyak dikecam. Salah satunya adalah pembatasan jumlah pemain naturalisasi di dalm tiap tim. Bagi setiap tim, maksimal menggunakan 2 pemain naturalisasi.

Andai disetujui oleh pihak klub, maka musim depan (2023-2024) semua klub Liga 1 hanya bisa mendaftarkan maksimal dua pemain asing yang dimilikinya.

Bahkan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan kalau bisa tiap tim Liga 1 hanya menggunakan satu pemain naturalisasi.

“PSSI mengambil posisi. Kalau bisa dan harus bisa, pemain naturalisasi hanya satu. Kalo tidak, kapan pemain Indonesia akan bermain?,” ucapnya pada Minggu (5/3).

Keputusan bulat belum diambil, namun kecaman telah menghujani PSSI, terutama dari para pemain naturalisasi.

Pemain naturalisasi mulai bersuara perihal ini. “Kami WNI, dan semua WNI seharusnya memiliki hak yang sama namun  kami merasa peraturan tersebut mendiskriminasi kami sebagai warga negara naturalisasi,” tulis Marc Klok di Instagram Story miliknya.

Rekan setim Marc Klok di Persib Bandung, Victor Igbonefo dan Ezra Wallian juga memberikan kecaman yang tak kalah kerasnya.

Baca Juga:BTS Resmi Juara Paruh Musim Pro Futsal League 2022Lionel Messi Ungguli CR7 Dengan Mencatatkan Rekor Ini!

“Kebangsaan Indonesia, keluarga Indonesia, tinggal Indonesia, kenapa di klub jadi naturalisasi?,” ujar Ezra Wallian dengan memposting foto-foto dirinya saat membela timnas Indonesia.

“Kalau main di timnas WNI, kalo main di klub pemain naturalisasi”, tulis Victor Igbonefo dengan memperlihatkan foto dirinya saat membela timnas di Instastory miliknya.

Ungkapan kekecewaan juga terucap dari Striker Bali United, Ilija Spasojevic, dan Striker Madura United, Beto Goncalves dan Greg Nwokolo.

0 Komentar