Viral Paku Nyangkut di Paru-paru Balita, Begini Kondisinya!

Viral Paku Nyangkut di Paru-paru Balita, Begini Kondisinya!
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Seorang balita 3 thn di Kuba harus menjalani operasi darurat untuk menyelamatkan nyawanya setelah tidak sengaja menelan sebuah paku.

“Ini adalah prosedur yang sangat berisiko,” kata Dr Mavil Isabel Benítez Fernández, spesialis telinga, hidung dan tenggorokan yang memimpin operasi di Rumah Sakit Anak Octavio de la Concepción y de la Pedraja di Holguin.

Dikutip dari New York Post, kasus tersebut berawal dari balita yang memberi tahu ibunya kalo tenggorokannya sakit. Sang ibu segera membawa anaknya ke klinik setempat dan dilakukan penyinaran. Setelah dicek, ternyata terdapat paku yang menyangkut di paru-paru kirinya.

Baca Juga:Pemkot Sukabumi Anggarkan 3,6 Miliar untuk Insentif Guru Agama dan MarbotLagi, Haickel Reza Balfas Nakhodai KONI

Balita tersebut akhirnya perlu menjalani bronkoskopi eksplorasi, yaitu operasi rumit yang melibatkan pemasangan bronkoskop 6,7 milimeter melalui laring, trakea, dan ke paru-paru untuk mengekstraksi benda asing.

Dr Fernández mengatakan bahwa merusak prosedur rumit seperti itu dapat mengakibatkan pendarahan, pecahnya trakea atau bronkial, henti jantung, dan bahkan kematian.

Untungnya, paku berhasil dikeluarkan dalam 25 menit tanpa komplikasi. Pasien kemudian dipindahkan ke ICU rumah sakit dalam kondisi stabil.

Kasus ini bukan pertama kali terjadi. Beberapa waktu lalu, ahli bedah terkaget ketika menemukan sekrup di paru-paru pasien lanjut usia. Perempuan asal Spanyol 70 thn itu menyadari ada yang tidak beres setelah mengalami beberapa kali infeksi pernapasan tanpa alasan yang jelas.

Dia pergi rumah sakit Vithas Vigo di Pontevedra. Hasil rontgen dada menemukan ada sebuah sekrup logam berukuran 9 milimeter menyangkut di paru-parunya.

Dokter dapat mengeluarkan benda tersebut dari tubuhnya hanya dalam beberapa jam dengan forceps. Ia diberi 2 implan tulang pengganti. Implan terakhir ditempatkan dua bulan kemudian. Wanita itu kemudian dipulangkan dan pulih.

Bahaya Masuknya Benda Asing ke Paru-paru
aspirasi masuknya benda asing ke organ pernapasan menimbulkan gejala seperti:
Tersedak, Batuk ,Kesulitan bernapas dan , suara pernapasan tidak normal

Baca Juga:Amankan Puluhan Sepeda Motor Berknalpot BrongStok Beras di Bulog Tersedia 1.700 Ton

Gejala yang dialami dan tingkat keparahan kondisi tergantung pada seberapa besar sumbatan dan lokasi penyumbatan.

Dalam kasus yang paling parah, benda asing dapat mengancam nyawa . Semua benda asing di saluran pernapasan harus ditangani keadaan darurat medis.

0 Komentar