6 Tips Efektif untuk Mengatasi Malas Bangun Sahur

Ilustrasi Malas Bangun Sahur
Ilustrasi Malas Bangun Sahur. Sumber Foto: Pixabay.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Momen sahur saat menjalankan ibadah puasa sangat penting supaya orang bisa mengisi perutnya sebelum berpuasa yang dimulai dari terbitnya fajar sampai waktu maghrib. Meski begitu, masih ada saja orang-orang yang kerap malas bangun sahur untuk makan dan minum.

Makan dan minum saat sahur membuat tubuh kita mendapatkan energi sebagai modal untuk berkativitas dengan lancar selama berpuasa. Mengingat bulan Ramadhan 2023 segera tiba, kalian yang masih sering malas bangun sahur bisa mencoba tips-tips berikut seperti dilansir dari berbagai sumber:

  1. Menyiapkan rencana makan sahur

Melakukan cara ini bisa membuatmu punya semangat lebih untuk bangun sahur. Rencanakan makanan yang ingin kamu santap saat sahur, khususnya menu favorit. Meski begitu, kalian harus tetap juga perhatikan gizinya dengan memilih makanan sehat ya.

Baca Juga:Menang Derbi Indonesia All England 2023 Sudah, Praveen/Melati Tatap Musuh LamaSinopsis The Super Mario Bros. Movie: Misi Mario Menyelamatkan Luigi

  1. Tidur lebih awal

Kalian bisa merencanakan untuk biasa tidur lebih awal pada bulan puasa, paling telat pukul 10 malam. Jangan pula kalian membiasakan begadang hingga pukul 12 malam ke atas misalnya. Tidur lebih awal akan membuat tubuh punya cukup waktu istirahat, sehingga merasa bugar kala bangun sahur.

  1. Jangan minum yang berkafein sebelum tidur

Menghindari minuman berkafein seperti teh atau kopi sebelum tidur berpotensi membuat seseorang terjaga dan tidak dapat tidur nyenyak nantinya. Memang ketika bulan puasa, beberapa orang suka mengonsumi teh atau kopi di malam hari. Dengan menghindari minuman berkafein, kalian dapat lebih mudah bangun untuk sahur tanpa rasa malas.

  1. Manfaatkan Alarm

Aturlah alarm kalian untuk bisa bangun tepat waktu untuk sahur, dan pastikan lebih dari satu kali pengingat. Pilih nada dering seperti yang dipakai pada panggilan masuk karena ini diyakini membuat orang lebih mudah terbangun. Jika sering mematikan alarm begitu berbunyi, letakkan posisinya lebih jauh supaya kalian terdorong bangun untuk mematikannya.

  1. Segera cuci muka

Setelah mematikan alarm pastikan kalian langsung beranjak dari kasur dan cuci muka supaya merasa segar. Jangan menunda-menunda apalagi rebahan lagi, sebab bisa jadi kalian kembali tertidur.

0 Komentar