Penggemar Kopi Merapat! Ini Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Puasa

Ilustrasi Minum Kopi bagi Penggemar Kopi.
Ilustrasi Kopi untuk penggemar kopi. Sumber Foto: Pexels.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Kapan waktu yang pas minum kopi ketika bulan puasa? Hal ini pasti menjadi pertanyaan di benak para penggemar kopi. Mengingat puasa dilaksanakan sejakt terbitnya fajar hingga matahari terbenam (maghrib), kita pasti berusaha mencari waktu untuk bisa menikmati minuman satu ini.

Ketika waktu berbuka tiba, umumnya orang-orang lebih mendahulukan makanan/minuman lain, mulai dari minum air mineral, kurma, hingga takjil. Begitu juga saat waktu sahur, jelas yang utama adalah makanan nasi dengan lauk pauk sebagai bekal energi untuk berpuasa seharian.

Meski begitu untuk para penggemar kopi, tidak jarang tetap memilih minum kopi di waktu buka puasa mau pun sahur. Lantas muncul pertanyaan, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk meminumnya?

Baca Juga:Rekomendasi Restoran Jepang di Sukabumi untuk BukberPrediksi Pemenang Aura vs RRQ di MPL ID S11 Jika Tak Ditunda Versi Duo ONIC

Meminum kopi saat bulan puasa sebenarnya aman selagi tidak berlebihan, perut sudah terisi, dan tidak memiliki riwayat penyakit pencernaan. Melansir dari Buzfeed, waktu terbaik apabila orang ingin minum kopi adalah setelah makan di waktu sahur, atau pasca berbuka puasa sebelum waktu isya.

Minum kopi ketika sudah makan terutama makanan berat juga penting. Mengutip dari Healthline, sebuah penelitian menunjukkan yakni kopi bisa memicu asam lambung. Maka dari itu meminumnya kala perut kosong dapat mengiritasi perut, memperburuk gejala gangguan usus seperti sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS).

Sementara itu, bukan tanpa alasan pula meminum kopi terlalu atau setelah isya tidak dianjurkan. Pasalnya mengonsumi hidangan yang mengandung kafein di waktu malam bisa membuat kualitas tidur seseorang menjadi terganggu.

Nah setelah mengetahui perihal waktu minum terbaik, ada juga tips aman meminum kopi saat bulan puasa sebagaimana dilansir dari konstan.id:

  1. Jangan minum kopi lebih dari dua gelas/hari
  2. Pilih kopi hitam dan tanpa menambahkan gula dan susu agar tidak berakibat buruk terhadap Kesehatan.
  3. Saat sahur tetap makan-makanan sehat seperti yang mengandung karbohidrat (oat, nasi meraht, roti gandum, dll). Imbangi dengan protein dan lemak sehat, sayur, dan buah supaya kenyang lama.
  4. Tetap pertahankan hidrasi tubuh kalian dengan minum cukup air.
0 Komentar