Lapar Minggir! Ini Makanan Sahur Agar Kenyang Lama Kala Puasa

Telur salah satu rekomendasi makanan sahur agar kenyang lama saat puasa.
Telur salah satu rekomendasi makanan sahur agar kenyang lama saat puasa. Sumber Foto: Pixabay.
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Makanan sahur supaya orang tidak gampang lapar selama menjalani bulan Ramadhan. Saat berpuasa, kita tidak akan bisa makan mau pun minum dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam.

Namun ada sahur waktu lainnya selain buka puasa untuk umat Islam diperbolehkan makan dan minum di bulan puasa. Nah waktu sahur inilah harus kita manfaatkan sebagai kunci supaya kuat selama berpuasa.

Tentunya kita harus memilih beragam jenis makanan sahur dan minuman sahur yang tepat untuk bikin perut kenyang lama. Lantas apa saja menu sahur agar kita tidak mudah lapar ketika puasa?

Baca Juga:Rekap Swiss Open 2023 Selasa (21/3): 3 Wakil Indonesia ke 16 BesarLirik Lagu ‘Beatbox’ Versi Bahasa Inggris – NCT Dream

Berikut rekomendasi makanan sahur agar kenyang lama kala puasa dilansir dari berbagai sumber.

1. Sup

Sup bisa bikin kenyang lebih lama karena bukan cuma berisikan sayur melainkan juga daging. Sup di sini adalah yang terbuat kaldu atau air ya, bukan krim sup.

Banyaknya kandungan air dalam makanan itu akan membuat tubuh merasa kenyang lebih. Temuan hasil studi PLoS ONE (2013) dilansir dari Hellosehat.com bahkan menyebut sup dapat membantu menurunkan nafsu makan kala puasa.

2. Nasi Merah

Makanan ini punya beberapa keunggulan ketimbang nasi putih. Pertama nasi merah lebih kaya serat, yang mana makanan berserat akan membuat orang kenyang lebih lama.

Kemudian nasi merah punya indeks gilkemik yang lebih rendah daripada nasi putih. Alhasil gula darah tidak langsung meningkat drastis sehingga orang takkan mudah lapas dan lemas.

3. Ikan

Bukan rahasia lagi bahwa salah satu hidangan favorit masyarakat Indonesia ini punya segudang manfaat. Ikan tidak hanya bisa menjaga stamina selama berpuasa, tapi juga membuat rasa kenyang dalam tubuh bertahan lama.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan cocok sebagai makanan sahur karena mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang bersifat mengenyangkan. Selain itu, cukup tingginya kandungan serat pada kacang-kacangan membantu sistem pencernaan seseorang tetap terjaga.

5. Telur

Baca Juga:Masuk Bulan Puasa, Luis Milla Sesuaikan Program Latihan PersibGame Anti Stres untuk Ngabuburit? Ini Rekomendasinya

Telur mengandung protein dan lemak yang membuatmu bisa tidak merasakan lapar dalam waktu cukup panjang. Maka dari itu, mengonsumsinya saat sahur akan membantu kalian merasa kenyang lebih lama. Pastikan mengonsumsi telur yang matang sempurna agar kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

0 Komentar