Mau Ngabuburit Bareng Anak, Coba Bermain 4 Board Game Ini

Mau Ngabuburit Bareng Anak, Coba Bermain 4 Board Game Ini
Mau Ngabuburit Bareng Anak, Coba Bermain 4 Board Game Ini (Foto: iStockphoto)
0 Komentar

Sukabumi Ekspres – Sebanyak empat referensi permainan papan atau board game ini cocok untuk dimainkan bersama anak-anak sebagai aktivitas ngabuburit. Memang ada banyak cara untuk menunggu waktu berbuka puasa saat bulan Ramadhan.

Untuk orangtua yang ingin menghabiskan waktu bermain dengan si kecil ketika ngabuburit, bermain board game bisa menjadi opsi. Walau sekarang zaman permainan elektronik alias video game, permainan papan pun masih seru dimainkan.

Bahkan bermain board game bisa memberikan sejumlah manfaat sebagaimana dilansir dari berbagai sumber. Di antara manfaatnya yaitu melatih fokus dan intrapersonal, penangkal kecanduan gawai, membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan, hingga mengasah kemampuan kognitif dan logika.

Baca Juga:PMSL SEA Spring 2023 W1D1: Indonesia Dominasi Top 10Rekap Swiss Open 2023 Rabu: Tunggal Putra Rontok, Rehan/Lisa ke 16 Besar

Berikut ini empat referensi permainan papan atau board game untuk ngabuburit bersama si kecil.

1. Ular tangga

Permainan papan satu ini termasuk salah satu yang populer di Indonesia. Dari generasi ke generasi, ular tangga selalu awet menjadi permainan pilihan segala kalangan usia.

Ular tangga bisa dimainkan oleh dua sampai empat orang, yang mana satu orang mengendalikan satu bidak. Pemenang permainan ini adalah pemain pertama yang mencapai kotak terakhir.

2. Ludo

Permainan untuk dua-hingga empat orang ini umumnya ada di balik papan ular tangga. Dalam Ludo, pemain memiliki empat token berwarna berbeda yaitu merah, kuning, hijau, dan biru.

Pemainnya juga menggerakkan empat bidak sekaligus bukan cuma satu. Pemain pertama yang mengelurkan keempat bidaknya ke titik tengah papan akan memenangkan permainan.

3. Twister

Twister juga cocok jika kalian ingin mengajak anak memainkan permainan yang menguji keahlian fisik tanpa sampai bikin capek. Permainan untuk hingga empat orang ini dimainkan di atas karpet plastik besar dengan empat baris.

Pemain harus mengikuti instruksi dari spinner board terkait di mana mereka menempatkan kaki dan tangannya. Pemain dinyatakan kalah saat terjatuh atau siku/lututnya menyentuh karpet.

4. Monopoli

Baca Juga:RRQ Tambah Amunisi Jelang Week 6 MPL ID S11, Rave Jadi AnalisAnti Ribet! Ini Rekomendasi Resep Sahur Praktis yang Sehat

Siapa tak kenal Monopoli? Permainan ini sangat terkenal se-antero dunia dan penggemarnya semua kalangan umur bukan anak-anak saja.

Bisa dimainkan oleh dua sampai empat orang, monopoli membantu pemainnya belajar cara membangun ekonomi dengan baik dan benar. Pemenangnya adalah pemain yang punya jumlah uang paling banyak.

0 Komentar