Kendalikan Inflasi, Bupati Berencana Optimalkan Pasokan Kebutuhan Masyarakat

Kendalikan Inflasi, Bupati Berencana Optimalkan Pasokan Kebutuhan Masyarakat
0 Komentar

PENDOPO, SUKABUMI EKSPRES – Kendalikan Inflasi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI menggelar rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah secara virtual, Senin (27/3) lalu.Kegiatan yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Muhammad Tito Karnavian ini, diikuti Bupati Sukabumi Marwan Hamami dari Pendopo Sukabumi.

Dalam arahannya, Mendagri, Muhammad Tito Karnavian meminta inflasi untuk terus diawasi. Hal itu agar angka inflasi di Indonesia tidak terus meningkat.

“Ini merupakan agenda rutin terkait pengendalian inflasi,” ujarnya.

Apalagi di Ramadhan ini, potensi peningkatan angka inflasi relatif tinggi. Mengingat permintaan akan suatu barang relatif tinggi dibandingkan bulan-bulan biasanya.

Baca Juga:Nyalip Angkot, Pengendara Motor Tewas DitempatPolsek Kalibunder Bagi-bagi Takjil

“Jadi kita harus berupaya agar bahan pangan bisa terjangkau masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengatakan, dirinya akan mengoptimalkan pasokan kebutuhan masyarakat. Hal itu sebagai salah satu cara menekan inflasi di daerahnya.

“Ramadhan ini, masyarakat memang lebih konsumtif. Langkah yang kita lakukan mencegah lonjakan inflasi melalu pengoptimalan pasokan kebutuhan,” ungkapnya.

Diketahui, stok sembako di Kabupaten Sukabumi relatif aman hingga beberapa waktu ke depan. Bahkan, beberapa stok relatif surplus.

“Cabai misalnya, di kita banyak. Termasuk beras juga stoknya luar biasa. Jadi untuk kebutuhan pangan masyarakat relatif aman,” bebernya.

Meskipun begitu, Pemda bersama aparat penegak hukum akan mengawasi proses pendistribusian oleh para distributor. Hal itu agar proses pendistribusian betul betul lancar.

“Nanti polres bersama perangkat daerah terkait akan memantau para distributor,” terangnya.

Baca Juga:Sandiaga Uno Ngabuburit Berdua Prabowo, Bahas Pilpres?Hendak Perang Sarung, Puluhan Remaja Diamankan Polsek Cikakak 

Tak hanya itu saja, Pemkab Sukabumi telah bersiap ketika ada lonjakan harga sembako. Salah satu yang disiapkan ialah operasi pasar.

“Operasi pasar ini sifatnya situasional. Kalau harga sembako melonjak, kita akan operasi pasar,” pungkasnya.

0 Komentar