Tingkatkan Kepekaan dan Kepedulian Sosial

Tingkatkan Kepekaan dan Kepedulian Sosial
0 Komentar

CIRENGHAS,SUKABUMIEKSPRES– Tingkatkan, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami berkunjung ke Masjid Al Madinah di Kampung Gununggoong, Desa Cirenghas Kecamatan Cireunghas, Rabu (29/3).

Kunjungan yang dikemas dalam Muhibah Ramadhan bersama Forkopimda ini, bertujuan untuk berbagi dan bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar.

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 100 bantuan stimulan yang diserahkan Marwan Hamami untuk Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Imam masjid di Kecamatan Cireunghas. Termasuk menyerahkan bantuan 150 paket sembako dari Baznas Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga:Dua Kapolres Diperiksa Terkait Kasus Penggelapan Pajak 2,5 MiliarKetua DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi Bagikan Ratusan Takjil

Marwan Hamami mengatakan, Pemkab Sukabumi terus mengembangkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE). Program ini merupakan salah satu solusi percepatan layanan prima kepada masyarakat.

“Lewat SPBE, masyarakat yang memerlukan pelayanan tak perlu capek lagi. Sebab, semua akan terintegrasi lewat satu sistem,” ujarnya.

Dia mencontohkan di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin. Di desa itu sejumlah pelayanan telah terinteggasi. Sehingga masyarakat tidak perlu bergegas untuk mendapatkan surat.

“Di Cijengkol, warga tinggal akses sistem yang dimiliki desa, sehingga masyarakat tidak perlu berangkat ke desa untuk mendapatkan surat. Surat yang diperlukan sudah ada lewat sistem. Semua bisa dilakukan dari rumah saja,” ucapnya

Kemudahan yang bisa didapatkan tersebut, jangan sampai masyarakat mengenyampingkan kepekaan sosial. Sehingga, tidak mengetahui kondisi tetangga sekitarnya.

“Saya bersyukur bisa melaksanakan muhibah ini. Salah satu kegiatan untuk mengajak masyarakat agar peka dan terus peduli terhadap lingkungan sekitar,” ungkapnya.

Selain itu, dia pun mengajak masyarakat untuk menanamkan jiwa enterpreneur.

“Jangan selalu berpikir sebagai pekerja saja, namun kita harus mengubah mindset untuk menjadi entpreneur,” bebernya.

Baca Juga:Anies Pilih Bungkam Soal Timnas Israel di Piala Dunia U-20Mantan Ajudan SBY Sebut Semangat Patriotik Prabowo Tidak Bisa Dibeli

Salah satu hal yang bisa dilaksanakan lewat pengembangan BUMDes. Apalagi, ketika BUMDes dijadikan distributor untuk warung-warung di sekitar desa tersebut.

“Desa harus mengembangkan BUMDes. Jadikan juga BUMDes sebagai fasilitator agar warung optima,. BUMDes harus menjadi ujung tombak pemberdayaan ekonomi masyarakat desa,” pintanya.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Sukabumi H. Habiburohman menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Di mana kegiatan di Masjid Al Madinah ini merupakan yang kedua dilaksanakan selama Ramadhan 1444 hijriah.

0 Komentar