Gempa Cianjur Terasa Kuat di Sukabumi

Gempa Cianjur Terasa Kuat di Sukabumi
0 Komentar

JL R SYAMSUDIN SH,SUKABUMIEKSPRESGempa Cianjur Terasa Kuat di Sukabumi, Kota Sukabumi tiba-tiba bergetar sekitar pukul 12.34 WIB, kemarin (29/3). Warga menyadari getaran itu merupakan gempa.

Namun mereka tak mengetahui pusatnya. Mereka mengira episenternya berada di Sukabumi atau bahkan di daerah lain. Benar saja, hanya dalam waktu hitungan menit, BMKG merilis hasil analisa gempa.

BACA JUGA: Gempa Bumi Berkekuatan 4,0 M Guncang Cianjur

Getaran gempa bermagnitudo 4,0. Episenternya berada pada koordinat 6.84 LS – 107.08 BT atau tepatnya 6 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur di kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga:Remaja yang Tenggelam di Pantai Ditemukan Sudah TewasLagi, Warga Datangi Resor PTN Situgunung

Cukup kuatnya getaran membuat BPBD Kota Sukabumi meningkatkan monitoring. Namun hingga berita ini diterbitkan  BPBD Kota Sukabumi belum menerima informasi terkait dampak gempa bumi tektonik.

“Hingga saat ini belum ada laporan aduan kerusakan yang diterima terkait gempa siang tadi (kemarin),” ujar Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami, dalam keterangan, kemarin.

Hingga saat ini petugas BPBD tetap melakukan patroli secara mobile ke wilayah. Mereka pun berkoordinasi mengantisipasi bencana yang memungkinkan terjadi terhadap seluruh masyarakat Kota Sukabumi.

BACA JUGA: BPBD Dukung Kesiap siagaan Satlinmas Hadapi Pemilu

“Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpancing isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Pastikan informasi didapatkan dari kanal-kanal resmi yang telah terverifikasi BMKG ataupun pemerintah,” tandasnya.

Suci Putri Yani, warga Kecamatan Gunungpuyuh, mengaku kaget saat merasakan getaran yang cukup kuat. Saat itu ia tengah kongko dengan teman sebaya.

BACA JUGA: Gempa di Kulon Progo, Tidak Berpotensi Tsunami

“Waktu ngobrol itu kok terasa pusing kepala saya. Ada getaran. Ternyata gempa,” pungkasnya.

(Nuria Ariawan)

0 Komentar