Tips Makan Sehat Saat Hari Raya Lebaran

Pada saat perayaan hari raya lebaran berbagai makanan khas yang disediakan saat acara yang fitri tersebut dihidangkan untuk disantap bersama keluarga sanak saudara. Berbagai makanan khas yang tinggi kalori dan lemak akan sulit untuk dihindari di momen ini.
Sumber: Foto istimewa
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES- Pada saat perayaan hari raya lebaran berbagai makanan khas yang disediakan saat acara yang fitri tersebut dihidangkan untuk disantap bersama keluarga sanak saudara. Berbagai makanan khas yang tinggi kalori dan lemak akan sulit untuk dihindari di momen ini.

Agar kamu tetap sehat dan terhindar dari risiko masalah Kesehatan yang umumnya selalu muncul setelah lebaran, sperti diare, kamu bisa menyimak beberapa tips makan sehat saat hari raya lebaran berikut ini:

  1. Perhatikan kebutuhan kalori harian

Lebaran memang identik dengan beragam macam makanan, tetapi ingat jangan jadikan lebaran sebagai ajang balas dendam menjadikan kamu makan berlebihan. Kamu boleh saja memakan opor, kari, rendang, namun ingat jangan sampai berlebihan. Kamu haru mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan penuhi kebutuhan cairan. Di akhir jangan lupa sempatkan olahraga ringan agar tubuh tetap fit dan segar.

Baca Juga:Ucapan Selamat Idul Fitri Lebaran 2023, Cocok Untuk Status WAWahoo Water World, Wahana Bermain Air Terbaru di Kabupaten Bandung Barat

  1. Batasi konsumsi makanan bersantan

Hidangan bersantan meruoakan makanan yang kasha ketika hari raya lebaran. Sebenaarnya mengkonsumsi makanan bersantan itu boleh -boleh saja hanya harus dibatasi. Ini karena makanan bersantan cenderung mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Oleh sebab itu bila mengkonsumsi makanan bersantan secara berlebihan,, kadar kolesterol di dalam darah dikhawatirkan mengalami peningkatan.

  1. Makan yang teratur

Lebaran merupakan hari yang special, tapi kamu sebainya menjalani pola makan teratur. Maka dari itu, makanlah sesuai jam makan seperti di hari-hari biasa. Kamu boleh saja ngemil hanya saja bila harus makan berat di setiap rumah kerabat itu berlebihan ya.

  1. Batasi porsi makan

Jika kamu merasa kesulitan dalam mengatur jam makan di saat lebaran, kamu hanya perlu makan dalam porsi sedikit. Cara ini cocok untuk kamu yang akan berkunjung ke rumah kerabat dalam satu hari full.

Riset dari Nutrition in clinical practice (2017) menunjukkan makan dengan porsi sedikit dapat membantu memenuhi nafsu makan, menstabilkan kadar gula darah, dan menyediakan energi bagi tubuh sepanjang hari.

  1. Perbanyak konsumsi serat

Setelah mengkonsumsi banyak makanan dan minuman khas lebaran, sebaiknya kamu harus memperbanyak konsumsi serat. Karena serat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol serta gula darah dalam tubuh. Beberapa makanan tinggi serat yang bisa kamu konsumsi yaitu sayu-sayuran dan juga buah-buahan.

0 Komentar