Merakyat dan Berpengalaman, Tokoh Pemuda Papua Layak jadi Cawapres

Merakyat dan Berpengalaman, Tokoh Pemuda Papua Layak jadi Cawapres
0 Komentar

PAPUA,SUKABUMIEKSPRES – Ketua Umum Timur Indonesia Bersatu (TIB), Andi Papua, mendorong figur dari Indonesia Timur untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Beberapa tokoh asal Indonesia Timur dinilainya layak, paling tidak sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI.

Beberapa figur yang dimaksud, antara lain mantan Menteri Perhubungan Freddy Numberi dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Nama terakhir bahkan disebutnya memiliki modal berharga berupa karakter merakyat dan segudang pengalamanan di pemerintahan, mulai jadi bupati, gubernur, hingga menteri.

BACA JUGA: Iwan Bule Beberkan Wasiat Prabowo Subianto, Jarang Diketahui

“Beliau (SYL), salah satu calon yang baik, sangat kompeten untuk menduduki calon wakil presiden. Beliau juga kan representasi dari Indonesia Timur,” kata pria yang juga tokoh pemuda asal Papua itu, saat dihubungi awak media, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga:Iwan Bule Beberkan Wasiat Prabowo Subianto, Jarang DiketahuiSandiaga Putar Haluan ke PKS, PPP Tepis Isu Adanya Syarat Mahar Politik

Menurut dia, kepemimpinan dan pengalaman SYL tidak perlu diragukan. Ia pernah menjabat sebagai Bupati Gowa dan Gubernur Sulsel dua periode. Lalu, jabatan Menteri Pertanian yang diembannya saat ini membuatnya dipastikan paham betul arah pembangunan jangka menengah dan panjang. Dengan begitu, dapat melanjutkan program kerja dari Presiden Jokowi.

Tidak kalah penting, ia bilang SYL dikenal sebagai sosok yang sangat merakyat. Meski berstatus pejabat, tapi sangat mudah ditemui.

“Kami orang di Indonesia Timur, kalau mau berjumpa dengan beliau (SYL), kapan saja bisa meluangkan waktu,” kata Andi, yang juga memuji SYL sebagai sosok cerdas, simpel, dan komitmen.

Lebih jauh, Andi Papua membeberkan pentingnya keberadaan figur dari Indonesia Timur untuk ikut bertarung pada Pilpres 2024. Dengan begitu, laju pembangunan di daerah bisa diakselerasi dan lebih merata.

Di samping itu, juga dapat menepis dugaan diskriminasi yang terkadang membuat masyarakat, khususnya generasi muda di Indonesia Timur ragu dapat menjadi pemimpin.

Andi Papua bilang aspirasi agar figur Indonesia Timur menjadi pemimpin, paling tidak sebagai wakil presiden pun telah disuarakan dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA: Sandiaga Putar Haluan ke PKS, PPP Tepis Isu Adanya Syarat Mahar Politik

Baca Juga:PKS Sukabumi Daftarkan 35 Bacaleg ke KPUUPP Saber Pungli Komitmen Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat

Ia optimistis hal itu bisa diwujudkan karena banyak tokoh asal Indonesia Timur yang punya kapasitas. Dan, lagi sudah pernah terealisasi tatkala Jusuf Kalla (JK) asal Sulsel menjadi wakil presiden.

0 Komentar