Kota Sukabumi Terbaik Pertama PPD Tingkat Nasional

Kota Sukabumi Terbaik Pertama PPD Tingkat Nasional
0 Komentar

JL R SYAMSUDIN SH,SUKABUMIEKSPRES – Pemerintah Kota Sukabumi mendapatkan penghargaan terbaik kesatu tingkat kota pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat nasional.

Pengumuman penghargaan ini disampaikan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin pada Musrenbangnas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2024 dan Peluncuran Proyeksi Penduduk 2020-2050 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Selasa (16/5).

Pada ajang tersebut Kota Sukabumi meraih peringkat pertama disusul peringkat kedua Kota Palu dan peringkat ketiga Kota Semarang.

Baca Juga:Promo Harbelnas, PLN Beri Voucher Tambah Daya untuk PelangganSosialisasi dan Edukasi Ketenagalistrikan, UPT PLN Kunjungi SMA Negeri 1 Cikembar

“Alhamdulillah, Kota Sukabumi meraih peringkat pertama kategori kota ajang PPD tingkat nasional,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, kemarin (18/5).

PPD diberikan kepada pemerintah daerah sebagai bentuk apresiasi karena berhasil menyusunan perencanaan yang berkualitas, pencapaian sasaran pembangunan daerah, dan inovasi pembangunan yang telah dilaksanakan.

PPD merupakan evaluasi komprehensif dan kreatif terhadap pembangunan tingkat provinsi, kabupaten, kota dalam perencanaan dan pencapaian pembangunan.

Dalam narasi video penghargaan Kota Sukabumi meraih penghargaan lewat inovasi Danakitri Sukabumi Creative Hub (SCH) mendorong tumbuhnya kreatifpreneur. Melalui akselerasi dan penataan ekonomi kreatif seperti classroom, festival, bootcamp, dan meningkatkan jumlah pelaku ekraf, wirausaha, pendapatan sektor pajak dan menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT).

Selain itu capaian tingkat kemiskinan, IPM, dan pertumbuhan ekonomi didukung oleh 15 program unggulan. Opini BPK WTP 8 kali berturut-turut serta penyerapan belanja terbaik ke-2 nasional. Berikutnya pendekatan proses perencanaan melalui Youth Planner Conference dan FGD kelompok disabilitas.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menerangkan, PPD merupakan evaluasi kreatif menguatkan sinergitas pusat dan daerah menciptakan kolaborasi untuk kesejahteraan.

“PPD 2023 diharapkan dapat menambah data daerah terbaik yang menginspirasi pemerataan kesejahteraan, kemajuan dan keberlanjutan,” kata Suharso pada momen pengumuman penghargaan.

Baca Juga:Permasalahan Sampai di Pantai Loji tak Pernah Kunjung SelesaiSekda Buka Bimtek Penyusunan Produk Hukum Daerah

Kegiatan ini proses evaluasi dalam bentuk ajang penghargaan yang menilai dokumen rencana kerja pembangunan daerah (RKPD), proses penyusunan RKPD, capaian pembangunan dan inovasi di daerah.

Penghargaan memberikan apresiasi kepada provinsi, kabupaten dan kota yang berhasil dengan baik dalam perencanaaan, pencapaian pelaksanaan dan inovasi pembangunan.

0 Komentar