Upacara Adat Syukuran Hari Nelayan Meriah

Upacara Adat Syukuran Hari Nelayan Meriah
0 Komentar

PALABUHANRATU,SUKABUMIEKSPRES – Pemkab Sukabumi beserta Ribuan masyarakat meriahkan puncak Upacara Adat Syukuran Hari Nelayan ke-63 Tahun 2023, Minggu (21/5) kemarin.

Acara diawali dengan melepa Carnaval Budaya di Depan Gedung Pendopo Pemkab Sukabumi menuju Dermaga 1 PPNP Palabuhanratu oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami.

Ketua Panitia Pelaksanaan Hari Nelayan, Sep Radi Priadika mengatakan, peringatan hari nelayan merupakan satu diantara 110 Karisma Event Nusantara Tahun 2023. Berbagai persiapan syukuran dilakukan cukup panjang, berkolaboratif dengan berbagai unsur pemerintah daerah.

Baca Juga:Sosialisaikan JPN ke Aparatur PemerintahTerapkan Tipiring bagi PKL ‘Bandel’

BACA JUGA: Lakalaut Kembali Terjadi di Perairan Pantai Selatan, Kali Ini Seorang Nakhoda Kapal Nelayan

Hal itu untuk menyukseskan dan meningkatkan daya tarik wisatawan untuk mengagungkan pariwisata dan para nelayan di Sukabumi.

“Kami memiliki komitmen untuk memelihara dan melanjutkan tradisi leluhur yang harus di pertahankan,” katanya.

Rangkaian peringatan hari nelayan sudah berjalan sejak Maret 2023 lalu, dengan berbagai kegiatan diantaranya, pemilihan puteri nelayan, istigosah nelayan, lomba tradisional, tournament olahraga, lomba hias perahu, donor darah, administrasi kependudukan, hingga sunatan masal bagi 156 anak.

BACA JUGA: Nelayan Asal Palabuharatu Meninggal di Perairan Laut Ujunggenteng, Diduga Meninggal Akibat Sakit

“Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah, kemenparekraf, dan sponsorship yang telah mendukung terselenggaranya syukuran hari nelayan ini,” paparnya

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan, Edy Wardoyo mengatakan, bahwa event hari nelayan ini harus dipertahankan, jangan sampai ditahun yang akan datang kalah dengan event-event daerah lain.

Baca Juga:Pergerakan Kasus Covid-19 Terus MelandaiTim Insider Siber belum Efektif

“Acara ini merupakan festival gelar budaya yang bisa mendatangkan wisatawan dari luar, selain itu harus diisi dengan produk UMKM untuk memunculkan produk unggulan daerah,” pintanya

Sementara Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengimbau masyarakat terus meningkatkan potensi dan galian budaya yang bisa menjadi daya tarik destinasi wisata dimasa yang akan datang.

“Kita mesti bangga selain Kabupaten Sukabumi ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark, juga diakui pemerintahan pusat sebagai event-event terbaik yang masuk ke 110 besar di Indonesia,” jelasnya.

Begitu banyak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan syukuran nelayan ini, membuktikan bahwa budaya atau tradisi di Sukabumi terus terpelihara secara baik.

0 Komentar