Dukungan JK Berpotensi Menangkan Anies di Sulsel

Dukungan JK Berpotensi Menangkan Anies di Sulsel
0 Komentar

MAKASSAR,SUKABUMIEKSPRES— Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla telah terang-terangan mendukung Anies Baswedan sebagai capres. Dukungan JK berpotensi membuat Anies menang di Sulsel.

JK merupakan tokoh kharismatik Sulsel dan nasional. Sosok yang pernah menjadi wapres dua kali, jelas masih memiliki pengaruh besar.

“Sehingga apa yang menjadi dukungan JK akan diikuti banyak tokoh dan rakyat di Sulsel. Bahkan di luar Jawa,” kata Prof Armin Arsyad, analis politik Unhas. Minggu, 21 Mei.

Baca Juga:Ini Pesan Megawati untuk Gibran: Berpolitik Harus Waspada ManuverJokowi Kembali Bertemu Zelensky di KTT G7

Apalagi, jika pilihan JK terhadap Anies dianggap masyarakat lebih bagus dari calon-calon lain.

“Karena pasti yang lain juga menganalisis apa kekurangan dan kelebihan masing-masing calon. Kalau ternyata pilihan JK lebih unggul maka pasti mengikuti pilihan itu,” katanya.

Sebenarnya yang sangat menentukan kemenangan calon itu adalah analisis aktor. Jika aktornya memang terbukti hebat, maka itu seperti magnet yang sangat kuat untuk menarik siapa saja yang berdekatan dengannya. Orang itu punya kelebihan, keunggulan, dan daya tarik.

BACA JUGA: Anies Siapkan Kejutan Terkait Sosok Cawapres Koalisi Perubahan

“Karena seorang aktor yang hebat itu, daya tariknya tinggi. Sehingga ia memiliki pengaruh besar. Memengaruhi pemilih, baik secara langsung maupun tidak langsung,” jelas Armin.

Menurut teori kelompok, bagaimana pun liberalnya sesorang pada akhirnya ia akan tunduk pada keputusan kelompok.

“Jadi kelompok masyarakat ini tentu diskusi habis-habisan juga. Setelah dia diskusi, maka ada keputusan kelompok menyatakan bahwa ini saja yang terbaik. Sehingga pilihannya jatuh pada pilihan terbaik,” pungkasnya.

Itulah sebabnya mengapa kalau ada pasangan calon sudah terbentuk mainstream, maka otomatis yang ragu-ragu itu ikut pada yang memperoleh mainstream itu. Jadi opini publik penting karena kalau sudah terbentuk, maka sepertiga pemilih yang ragu akan ikut pada opini publik itu.

Baca Juga:Pemprov Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten SukabumiSKN bagi Para Nakhoda Kapal Laut Perlu Diperhatikan

“Jadi pilihan JK itu kecenderungan pilihan yang akan diikuti pemilih. Apalagi jika JK memang menganalisis berdasarkan hati nurani dan kapasitas Anies Baswedan sebagai pasangan calon,” terang Armin.

Analis politik Unhas lainnya Adi Suryadi Culla juga mengatakan dukungan JK pasti ikut berpengaruh terhadap pemilih di Sulsel.

0 Komentar