Prabowo, Ganjar dan Anies Saling Intip Figur Cawapres

figur cawapres
Prabowo, Ganjar dan Anies Saling Intip Figur Cawapres
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES– Figur Calon wakil presiden (cawapres) belum ditentukan. Partai dan calon presiden (capres) masih saling menunggu sikap.

PDIP sebagai partai pengusung Ganjar Pranowo telah menegaskan bahwa tidak ada pengumuman dalam waktu dekat. Kemungkinan deklarasi cawapres baru akan dilakukan Agustus atau September.
Begitu pun, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga mengatakan, koalisinya akan mengumumkan cawapres menunggu waktu tepat.

Partai pengusung capres Prabowo Subianto itu mengatakan partai koalisinya menunggu PDIP  mengumumkan pasangan Ganjar Pranowo, baru koalisi juga mengumumkan.

Baca Juga:Bupati Ikuti Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2023PSDA WS Cisadea Cibareno Perbaiki Sejumlah Irigasi

Analis politik Unhas A Ali Armunanto menilai Gerindra dan PKB menunggu sikap PDIP. Ada sejumlah hal menjadi pertimbangnya. Pertama, mempelajari preferensi partai lain dalam membentuk koalisi.

“Ini akan memberikan keuntungan bagi Gerindra dan PKB dalam mengkalkulasi kekuatan politik lawannya nanti dan mempersiapkan strategi koalisi untuk mendekati partai-partai yang tidak terakomodasi dalam koalisi PDIP,” katanya.

Kedua, dengan menunggu PDIP mengumumkan cawapresnya, Gerindra dan PKB bisa melihat perkembangan potensi elektoral figur cawapres yang mereka sasar untuk dijadikan cawapres Prabowo. Sikap ini juga sekaligus menegaskan, kemungkinannya bukan Cak Imin yang akan mendampingi Prabowo.

Pasalnya, Cak Imin tidak punya potensi elektoral yang baik, jika dibandingkan dengan Ridwan Kamil, Erick Tohir, Mahfud MD, ataupun Sandiaga Uno.

“Saya kira Cak Imin akan jadi pilihan terakhir jika dibandingkan nama-nama tersebut,” pungkas Ali.

Sekretaris DPW PKB, Haekal mengatakan, soal pembahasan capres-cawapres itu menjadi kewenangan DPP. Daerah kata dia, tidak tahu menahu soal itu.

“Saya tidak paham kalau urusan Pilpres,” jelasnya, Selasa, 13 Juni.
Di kubu Anies Baswedan juga kemungkinan tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

Baca Juga:Raperda PPHPD yang Diinisiasi Komisi IV DPRD Sangat DiperlukanKetua DPRD Apresiasi Pendapat Bupati saat Paripurna

Pasalnya, sedang ada riak-riak di internal koalisi akibat manuver yang dilakukan Partai Demokrat yang ngotot ditunjuk sebagai cawapres.

Meskipun demikian, Anies Baswedan telah mengemukakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat sudah akan mengumumkan pasangannya. Namun, ia masih menunggu waktu yang tepat.

0 Komentar