Bukan Erick dan Sandiaga, Lima Tokoh Ini Disebut Paling Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar

Bukan Erick dan Sandiaga, Lima Tokoh Ini Disebut Paling Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES — Sepuluh nama disebut masuk bursa bakal cawapres yang diproyeksi akan mendampingi Ganjar Pranowo

Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio memprediksi Wakil Presiden Kiai Ma’ruf Amin memiliki peluang untuk kembali didorong menjadi cawapres Ganjar.

BACA JUGA: Prabowo, Ganjar dan Anies Saling Intip Figur Cawapres

Sedangkan sejumlah nama lain yang disebut potensial seperti Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BIN Budi Gunawan, dan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Baca Juga:Erick Posting Fotonya Bersama Prabowo dan Jokowi Nonton Timnas IndonesiaPara ustadz dan Guru Agama Mendapat Pujian dari Wakil Bupati

“KMA (Kiai Ma’ruf Amin) bisa jadi paling besar peluangnya, selain itu mungkin nama Susi Pudjiastuti, Menteri Basuki, Budi Gunawan, Jendral Dudung sangat mungkin ikut dipertimbangkan,” kata Hendri Satrio dalam keterangannya, Senin, (19/6/2023).

Dikatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan memilih sosok cawapres untuk Ganjar dengan dua kriteria penting.

BACA JUGA: Anies dan Ganjar Kompak Puji Pertemuan Puan-AHY

Pertama, tokoh yang memiliki cukup massa. Kedua, tokoh senior, yang memiliki cukup umur yang tidak berpeluang untuk jadi pesaing di periode berikutnya.

“Salah satu kriteria Bu Mega pilih cawapres buat petugas partainya adalah tokoh yang setidaknya punya cukup massa tapi tidak berpeluang tampil sebagai pesaingnya di putaran kedua atau 10 tahun mendatang,” ungkap Hendri Satrio.

Dia mencontohkan saat Presiden Joko Widodo dipasangkan dengan Jusuf Kalla pada pilpres 2014 dan di periode kedua dipasangkan dengan Kiai Ma’ruf Amin.

Olehnya itu, untuk sejumlah nama yang santer disebut masuk bursa cawapres Ganjar seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menperekraf Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menko Polhukam Mahfud MD masih dipertanyakan

“Makanya nama JK dan KMA muncul. Nah nama AHY, SSU, ET, MMD gimana tu?,” tandasnya.

Baca Juga:Marwan Dorong Lahirnya Desa MandiriKasus Kekerasan Terhadap Buruh Migran Mendapat Sorotan dari Bupati

Oleh karena itu, lanjut Hendri, Ma’ruf Amin bisa jadi paling besar peluangnya, selain itu mungkin nama Susi Pudjiastuti, Menteri Basuki, Budi Gunawan, Jendral Dudung sangat mungkin ikut dipertimbangkan.

Diketahui, Mega empat kali memilih sosok cawapres dari tokoh NU dan sekaligus memiliki umur yang tak terbilang muda.

0 Komentar