Pelajar SMAN 1 Juara pada Olimpiade Biologi Internasional

Pelajar SMAN 1 Juara pada Olimpiade Biologi Internasional
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Irsyad Juniardo, siswa kelas 12 SMAN 1 Kota Sukabumi meraih Gold Award pada International Applied Biology Olympiad (IABO) atau Olimpiade Biologi Internasional pada 25–28 Juni 2023 di Bali.

Atas prestasinya, Irsyad mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dari Kemendikbudristek.

BACA JUGA: Raih Sejumlah Prestasi pada Pentas PAI Jabar

Irsyad menuturkan persiapan yang dilakukannya memakan waktu sekitar satu tahun. Event olimpiade tersebut merupakan ajang yang sangat kompetitif karena ia harus bersaing dengan 400 orang peserta dari 21 negara.

Baca Juga:Pelaksanaan PPDB Berjalan LancarCegah Potensi Tanah Longsor

“Untuk pesertanya sangat kompetitif sekali, karena bisa dibilang mereka sudah terlatih dan siap mentalnya untuk menghadapi berbagai soal yang sulit. Saingan terberat kebanyakan dari negara–negara Eropa, termasuk dari Singapura,” jelasnya belum lama ini.

Irsyad mengaku dari prestasi yang diraihnya adalah peluang untuk berkuliah di luar negeri dengan beasiswa. Diakuinya prestasi ini bisa diraih berkat dukungan orang tua, para guru, termasuk teman–temannya di sekolah.

BACA JUGA: Pelaksanaan PPDB Berjalan Lancar

Wakil Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi Bidang Kehumasan, Ani Riani, menyatakan prestasi yang diraih Irsyad menjadi kebanggaan pihak sekolah dan potensinya akan terus diupayakan untuk berkembang.

Ia pun menjelaskan bahwa tahun sebelumnya Irsyad telah mengikuti kompetisi ini namun baru mendapatkan prestasi tahun ini.

“Secara mandiri Irsyad didampingi oleh guru pembimbingnya yaitu bapak Enjang Kosasih. Alhamdulillah tahun ini bisa lolos. Tahun sebelumnya sudah ikut juga hanya belum lolos,” ungkapnya.

BACA JUGA: Target Leo/Daniel Sebelum Olimpiade Paris 2024

Ia mengharapkan prestasi ini bisa menjadi pemicu bagi siswa–siswi lainnya untuk bisa meraih prestasi lainnya. Pihak sekolah berharap ke depan sekalipun telah menjadi alumni namun Irsyad tetap memberikan bimbingan pada adik kelasnya di SMA Negeri I.

“Tentu saja ini sebagai trigger. Harus jadi contoh bagi adik kelasnya. Prestasi ini mudah–mudahan bisa diregenerasi,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar