Puluhan ODGJ Akan Dievakuasi ke RS Jiwa Dr Marzoeki Mahdi

Puluhan ODGJ Akan Dievakuasi ke RS Jiwa Dr Marzoeki Mahdi
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Puluhan (ODGJ) Orang Dengan Gangguan Jiwa di Kabupaten Sukabumi dievakuasi massal dalam rangka mendukung Kabupaten Sukabumi sehat.

Kegiatan ini digagas oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Rabu (26/7/23). Kegiatan ini kerjasama pusat kesehatan jiwa nasional,  Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor dan Pemkab Sukabumi. 

BACA JUGA: Meresahkan Wisatawan, Satpol PP dan Warga Amankan Perempuan ODGJ

Baca Juga:Potensi Panas Bumi Cisolok Dilirik ESDMTim Penilai Jabar Rechekcing Kelurahan Lembursitu

“Tercatat ada Sebanyak 40 ODGJ yang di daftarkan menjadi peserta, kemudian diperiksa oleh dokter spesialis, dokter UGD, perawat dan sebagainya,” ujar Iyep Yudiana sebagai Penanggungjawab kegiatan lintas sektor dan integerasi instalasi promosi kesehatan Rumah Sakit Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor.

Rencananya lanjut Iyep, para ODGJ akan diberangkatkan ke dokter H.Marzoeki Mahdi untuk mendapat perawatan dan pengobatan selama 18 hari kedepaln. Setelah itu akan dibawa kembali  ke Kabupaten Sukabumi untuk di serah terimakan kepada dinas terkait dan keluarganya.

Menurutnya para ODGJ yang diperiksa saat ini berasal dari seluruh Puskesmas di Kabupaten Sukabumi, dan Panti Aura Welas Asih.

BACA JUGA: Dinkes Kabupaten Sukabumi Gelar Rakor dan Pembentukan TP-KJM

“Kegiatan Ini sudah melalui seleksi dan diajukan oleh puskesmas, otomatis yang di ajukan itu yang tak bisa di obati di puskesmas. Mudah mudahan kesadaran masyarakat melalui promosi ini makin lama makin meningkat dengan nantinya keluarga bisa bawa sendiri layanan kesehatan secara mandiri.,” terangnya

BACA JUGA: Polisi Amankan ODGJ Perusak Fasilitas Masjid

Ditempat sama Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Maskur Alawi menambahkan, para pasien mengisi registrasi kesehatan dalam kegiatan ini. Setelah itu akan dievakuasi ke RS Jiwa DR Marzoeki Mahdi.

“Kategorinya yakni, ODGJ berat yang perlu mendapat perawatan,” singkatnya (mg3)

0 Komentar