Sudirman Said Klaim Anies Baswedan Banyak Dilirik Pentolan NU

Sudirman Said Klaim Anies Baswedan Banyak Dilirik Pentolan NU
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES — Juru Bicara Anies Baswedan, Sudirman Said menyebut Bakal Calon Presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dekat dengan keluarga santri dan menjadi representasi santri, sehingga mendapatkan dukungan dari berbagai tokoh dan kiai kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

“Pak Anies telah menjalin banyak silaturahmi dengan berbagai kiai dan tokoh NU. Dukungan dari kalangan pondok pesantren untuk Pak Anies terus menguat. Pak Anies akan terus menjalin silaturahmi dengan kiai-kiai lainnya,” kata Sudirman Said, Selasa (25/7/2023).

BACA JUGA: Warganet Dukung Anies Berpasangan Susi di Pilpres 2024

Dikatakan, ayah dari Anies Baswedan, Rasyid Baswedan menjadi aktivis mahasiswa dan pernah menjabat sebagai Sekjen Dewan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII).

Baca Juga:Sandiaga Sindir Koalisi PerubahanPSI Kemungkinan Tak Dukung Ganjar-Yenny

Setelah wisuda dari UII, Rasyid Baswedan yang lahir di Kudus pada 21 September 1932, langsung menjadi dosen di kampus yang berlokasi di Yogyakarta tersebut.

“Berbagai dukungan ini disebabkan Anies dikenal sebagai sosok islami, cerdas, amanah, dan visioner yang memiliki visi masa depan,” ungkapnya.

Salah satu ulama yang mendukung Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu adalah kakak kandung KH Ahmad Bahaudin Nursalim atau Gus Baha, KH Nasirul Mahasin atau Gus Mahasin.

BACA JUGA: Kuatkan Sinergitas dengan Ulama, Bupati Hadiri Halal Bihalal PCNU

Ketua Pondok Pesantren Narukan Rembang ini mengajak para kiai dan santri di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, untuk memberikan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

“Kiai-santri harus kompak. Pilihan kita ya Pak Anies (Anies Baswedan),” ujar Gus Mahasin.

Gus Mahasin juga membentuk Santri Untuk Negeri (SUNNI) sekaligus menjadi sebagai Ketua Dewan Pembina organisasi yang dibentuknya tersebut.

Baca Juga:Kontingen Pramuka Dilepas untuk Mengikuti Jambore Dunia ke-25Puluhan Direksi dan Pengurus BUMDesma LKD Dilatik IST

Pada akhir Maret 2023, Anies Baswedan bersilaturahmi dengan mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj di Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Jakarta Selatan.

Mengunjungi Said Aqil merupakan salah satu usaha Anies Baswedan untuk mencari dan menarik suara dari kalangan Nahdlatul Ulama (NU).

Diketahui, Kiai Said Aqil Siradj merupakan Ketua Umum PBNU dua periode berturut-turut (2010 – 2021).

Kemudian, Anies juga terus mengunjungi para kiai dan tokoh NU lainnya. Pada awal Mei 2023, dia menghadiri undangan haul ke-47 Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid di Masjid Riyadlus Sholihin, Tanggul.

0 Komentar