Prabowo dan Jokowi Makin Lengket

Prabowo dan Jokowi Makin Lengket
0 Komentar

SUKABUMIEKPRES — Elektabilitas Prabowo Subianto terus mengungguli Ganjar Pranowo. Kenaikan itu seiring dengan makin lengketnya hubungan Prabowo dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA dalam survei teranyarnya menyebutkan, dalam simulsi head to head, jarak elektabilitas Prabowo dan Ganjar mencapai double digit.

BACA JUGA: Partai Gelora Segera Deklarasi Dukung Prabowo

Kini, di bulan Juli 2023, jarak elektabilitas Prabowo Subianto vs Ganjar Pranowo mencapai doubel digit (10.4%), kata Peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas, dikutip dari keterangan resmi, Selasa (1/7/2023).

Baca Juga:KPLP dan PT.Yanita Saling Klaim Kepemilikan Lahan di Lokasi PLPRPemkab Serahkan Bantuan Hibah Keagamaan pada Ratusan Penerima

Padahal sebelumnya, Ganjar selalu unggul dalam tiap survei. Dari tracking survei tahun 2023 bulan Januari, Mei, Juni, Juli bisa terlihat tren elektabilitas capres. Prabowo menanjak, sedangkan elektabilitas Ganjar turun naik.

“Bulan Januari 2023, elektabilitas Prabowo 38.5%. Bulan Mei naik menjadi 44.5%. Bulan Juni naik kembali menjadi 50.4%, dan Bulan Juli juga naik menjadi 52%,” paparnya.

BACA JUGA: Dukungan Jokowi Dinilai Pengaruhi Elektabilitas Prabowo

Sementara Ganjar pada bulan Januari 2023 sebesar 43.1%. Bulan Mei turun menjadi 38.1%, kemudian Juni berhasil rebound menjadi 43.2%. Akan tetapi bulan Juli turun menjadi 41.6%.

Elektabilitas Prabowo mengungguli Ganjar dimulai pada Mei 2023, dengan selisih 6.4%. Lalu Juni 2023, selisih naik menjadi 7.2% untuk keunggulan Prabowo.

Kini di Jui 2023, selisih semakin melebar menjadi 10.4 untuk keunggulan Prabowo.

Kenaikan elektabilitas Prabowo ini seiring dengan makin dekatnya hubungan antara Menteri Pertahanan itu dengan Presiden Jokowi. Keduanya diketahui kerap bertemu belakangan ini.

BACA JUGA: PBB Deklarasi Dukungan Prabowo Subianto Capres 2024

Teranyar, Jokowi bersama Prabowo bertemu di Malang. Didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir.

Momen menariknya, saat mereka menumpangi sebuah mobil. Prabowo Jokowi dan Iriana duduk di kursi penumpang belakang, sementara Prabowo menyetir didampingi Erick di sebelah kirinya.

Baca Juga:Bupati, Kapolres dan Dandim Terima Penghargaan Kak Seto AwardMembahayakan, Pohon Mahoni di Jalan Nasional Cisolok Ditebang

Usai pertemuan itu, tak sedikit pengamat yang menyebut Jokowi telah memberi sinyal kuat dukungannya pada Prabowo. Dalam arti lain, ia berbeda dukungan dengan partainya, PDIP yang mengusung Ganjar.
(Arya/Fajar)

0 Komentar