Warga Desa Padaasih Terdampak Kemarau

Warga Desa Padaasih Terdampak Kemarau
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi mendistribusikan ribuan liter Air Bersih bagi masyarakat di Desa Padaasih terdampak kemarau Kecamatan Cisaat, kemarin (9/8).

Staf Penanggulangan Becana pada PMI Kabupaten Sukabumi, Dikdik Maulana mengatakan, saat ini PMI Kabupaten Sukabumi telah mendistribusikan sebanyak 10 ribu liter air bersih untuk kebutuhan warga di RW 04 dan RW 05.

“Air bersih ini untuk kebutuhan 500 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah jiwa sebanyak 1500 orang,” kata Dikdik, kemarin.

Baca Juga:Bandar Narkoba Skala Besar TaklukIkan Paus Terdampar di Bibir Pantai Citepus

Air bersih untuk bantuan warga Desa Padaasih yang terdampak kemarau diangkut menggunakan kendaraan tangki yang berkapasitas 5.000 ribu liter.

“Semoga bantuan air bersih ini dapat meringankan kebutuhan warga, khususnya pada musim kemarau,” ujarnya.

Permintaan dari masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk memasok air bersih ke berbagai daerah hingga saat ini sudah mulai banyak yang masuk. Baik warga yang tinggal di wilayah selatan maupun utara.

Untuk memenuhi layanan penyediaan air bersih, pihaknya juga berkoordinasi dengan PDAM Kabupaten Sukabumi serta memanfaatkan sumur-sumur yang debit airnya masih tinggi dan layak untuk dikonsumsi.

“Untuk antisipasi lonjakan permintaan air bersih dari warga, apalagi Agustus 2023 kemungkinan puncak dari El Nino, kami berkoordinasi baik dengan PMI Pusat maupun PMI Jabar terkait dengan penyediaan armada untuk menyalurkan air bersih,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, dari jumlah total 47 kecamatan yang tersebar di wilayah Kabupaten Sukabumi, terdapat 28 kecamatan yang berpotensi mengalami kekeringan dan kesulitan air bersih.

“Untuk sementara ini, dalam penyaluran air bersih kami menggunakan skala prioritas, dimana lebih mengutamakan daerah-daerah yang warganya sudah sangat kesulitan mendapatkan air bersih serta jumlah jiwa yang terdampak,” bebernya.

Baca Juga:Diduga Tawuran, Seorang Pelajar SMK TewasASN Sukabumi Dianugerahi Satyalancana Karya Satya dari Presiden RI

Selain itu, pihaknya menyebarkan personel relawan untuk memberikan edukasi serta sosialisasi dalam menghadapi bencana kekeringan yang dipengaruhi El Nino.

“Iya, seperti tentang penggunaan air secukupnya atau menghemat air, menjaga sumber mata air dan menampung air hujan jika turun hujan,” timpalnya. (ist)

0 Komentar