Kasepuhan Adat Gelar Alam Gelar Ucapara Seren Taun ke-665

Kasepuhan Adat Gelar Alam Gelar Ucapara Seren Taun ke-665
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Kasepuhan Adat Gelar Alam yang terletak di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok kembali melaksanakan upacara Seren Taun ka-655 di Halaman Imah Gede Kasepuhan Adat Gelar Alam, Minggu (13/08). Seren taun kali ini  mengusung tema nyoreang alam katukang nyawang alam nu bakal datang.

BACA JUGA: Tiga Kasepuhan Berkumpul di Acara Seren Taun Sinar Resmi

Ritual yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan menjadi keharusan ini sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang telah diperoleh, khususnya sektor pertanian dan perkebunan.

Baca Juga:Polisi Kerahkan Water Canon Distribusikan Air BersihWali Kota Kagumi Talenta Muda Pemusik di Sukabumi

Yang kini masyarakat masih memegang tradisi para leluhur, hal tersebut terus dipertahankan sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Berbagai kegiatan dilakukan pada prosesi adat kaspuhan Galar Alam, diantaranya prosesi ampih pare ka leuit, saresehan bersama Baris Olot Kasepuhan, Dongdang, Dogdog Lojor, penampilan seni Debus, atraksi Laes, Lisung, Rengkong, Gondang Buhun, Tari Tani, dan lolongok hasil karya incu putu Kasepuhan.

BACA JUGA: Warga Kasepuhan Ciptagelar Terima Bantuan 20,8 Miliar

Ketua Kasepuhan Adat Gelar Alam, Abah Ugi Sugriana Rakasiwi menjelaskan, bahwa Kasepuhan adat Gelar Alam yang sebelumnya Kasepuhan Adat Ciptagelar kali ini telah ditetapkan menjadi Kasepuhan Gelar Alam. 

“Untuk logo masih menggunakan logo lama, hanya perubahan tulisannya saja tanpa ada perubahan,” terangnya. 

Abah Ugi mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga Upacara Seren Taun bisa terselenggara dengan baik.

Sementara, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengaku bangga pada peringatan Upacara Seren Taun ke-655 ini, lantara bisa menyatukan ketiga Kasepuhan adat yang ada di Kabupaten Sukabumi, diantaranya Kasepuhan Ciptamulya, Sinaresmi dan Gelar Alam. 

“Saya merasa bangga melihat kebersamaan ketiga Kasepuhan adat yang ada di Kab. Sukabumi ini. Perkuat kebudayaan kita dengan satu tekad yang sama,”ucapnya. 

Baca Juga:Terbitkan 2.206 Rekomendasi Jaminan KesehatanIndikator Pembangunan Makro Relatif Membaik

Marwan akan terus mendorong segala potensi yang dimiliki di kasepuhan adat tersebut, selain pertanian dan budaya juga akan terus didorong infrastruktur agar pertumbuhan ekonomi masyarakat semakin berdaya.

BACA JUGA: Upacara Adat Kesepuhan Cireundeu Meriah

“Pemkab sangat terbuka dengan segala program yang akan diajukan oleh kampung kasepuhan adat ini, sampaikan kepada stakholder terkait sehingga waktunya kita realisasikan” Terangnya. 

0 Komentar