Kiai-kiai NU se Jatim Sodorkan 5 Nama Cawapres untuk Anies

Kiai-kiai NU se Jatim Sodorkan 5 Nama Cawapres untuk Anies
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES — Sosok bakal calon wakil presiden (Cawapres) Anies Baswedan masih dirahasiakan. Diklaim nama tersebut sudah dikantongi Anies, hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk diumumkan ke publik.

Belum lama inui, sekitar 200-an kiai dan gus se-Jawa Timur mengusulkan lima nama bakal calon wakil presiden kepada bakal Calon Presiden (Capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan itu.

BACA JUGA: Yenny Wahid Kasih Kode Siap Diberi Mandat Cawapres, Gusdurian Berpihak Siapa

Baca Juga:Sekjen Gerindra: Dukungan Golkar bagi Prabowo Sangat PentingDemokrat Sukabumi Sambut Penolakan MA Atas PK Moeldoko

“Setelah kami tabayyun dan melihat secara langsung haliyah Pak Anies, kami yakin bahwa Pak Anies ini memang seorang dengan amaliyah ahlusunnah waljamaah atau aswaja. Anies itu minna,” ungkap KH Nasirul Mahasin Nursalim dalam agenda Tirakat untuk Keselamatan Umat dan Bangsa di Pondok Pesantren Islam At-Tauhid Sidoresmo, Surabaya, Kamis, 10 Agustus 2023 kemarin.

Hal tersebut merupakan salah satu dari empat butir yang dihasilkan dari musyawarah dalam agenda Tirakat untuk Keselamatan Umat dan Bangsa.

Risalah Sidoresmo tersebut diserahkan secara langsung kepada Anies Baswedan oleh KH Mas Mansur Tholhah.

BACA JUGA: PAN Ikut Jejak Golkar tak Dukung Anies Baswedan

Dalam diskusi itu juga mereka memutuskan untuk merekomendasikan lima nama warga dan kader Nahdliyin untuk dijadikan calon wakil presiden yang akan mendampingi Anies Baswedan.

Mereka diantaranya Yenny Wahid, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Menko Polhukam Mahfud MD.

Gus Mahasin yang merupakan kakak kandung Gus Baha ini menyampaikan, siapa pun yang akan dipilih, peserta musyawarah mengembalikan keputusannya kepada Anies Baswedan sendiri.

Ia berharap Anies yang memiliki darah sebagai Nahdliyin dapat didampingi cawapres dari kalangan Nahdliyin pula.

Baca Juga:Pilpres 2024, PAN Disebut Condong Dukung PrabowoPemerintah Benahi Dua Infrastruktur Atasi Kelaparan di Papua Tengah

Peserta musyawarah juga berharap pasangan ini kelak menunjukkan keberpihakan yang konkret terhadap para santri dan pesantren.

Dari semua calon, hanya Pak Anies Baswedan yang memiliki bukti nyata dalam dunia pendidikan. Jadi, kami para kiai ini lebih mempercayai Pak Anies untuk kami titipi santri-santri kami dan pesantren agar mereka menjadi lebih cerdas dan sejahtera,” tutur Gus Mahasin.

0 Komentar