Tiga Kecamatan Rentan Krisis Air

Tiga Kecamatan Rentan Krisis Air
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Tiga kecamatan di Kota Sukabumi diwaspadai rentan berpotensi mengalami krisis air bersih saat kemarau. Kewaspadaan di tiga wilayah itu didasari pengalaman kondisi kemarau tahun lalu.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, menyebutkan tiga wilayah yang diwaspadai rentan krisis air bersih yaitu Kecamatan Cibeureum, Baros, dan Lembursitu.

Wilayah-wilayah itu notabene merupakan langganan terjadi krisis air bersih saat kemarau.

BACA JUGA: Dipicu Kemarau, Harga Beras Mulai Naik

Baca Juga:PWI Jabar Gelar UKW di SukabumiPelaku Usaha Baru Harus Ajukan Permohonan Lahan Parkir

“Mengacu tahun sebelumnya, daerah yang sering terjadi krisis air bersih yakni Cibeureum, Baros, dan Lembursitu,” kata Novian, belum lama ini.

Hanya, lanjutnya, hingga saat ini di Kota Sukabumi belum dilaporkan terjadi masyarakat yang mengalami kesulitan air bersih.

Mulai sekarang sudah diantisipasi potensi tersebut dengan menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat.

“Kalau untuk kejadian belum ada laporan dari setiap aparatur kelurahan. Namun PMI sudah mulai mendistribusikan bantuan air bersih kepada masyarakat untuk antisipasi. Kami di BPBD turut membantu mendistribusikannya,” terangnya.

BACA JUGA: Ratusan KK Alami Krisis Air Bersih

Sampai saat ini Kota Sukabumi belum menetapkan status siaga darurat kekeringan. Novian menyebut saat ini masih dilakukan analisis lebih lanjut untuk menetapkan status tersebut yang didasari berbagai pertimbangan situasi dan kondisi.

“Saat ini kami masih melakukan analisis lebih lanjut apakah ditetapkan status siaga darurat kekeringan, air bersih dan kebakaran. Kalau Pemprov Jabar sudah menetapkan siaga darurat kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan,” kata Novian.

Novian menuturkan salah satu alasan belum ditetapkannya status bencana karena hingga saat ini belum ada aduan atau laporan resmi dari setiap kelurahan. Namun, BPBD memandang perlu didistribusikan bantuan air bersih.

BACA JUGA: Baros dan Lembursitu Rawan Krisis Air Bersih

Baca Juga:DPRD Dorong Terbitnya Regulasi Jam Malam bagi PelajarGubernur Rekomendasi Tiga Nama Pj Wali Kota, Usulannya Diajukan ke Mendagri

“Ini untuk mengurangi risiko kekurangan air bersih kepada masyarakat. Bantuan distribusi air bersih ini berdasarkan permintaan masyarakat,” terangnya.

Sejauh ini terdapat beberapa kawasan permukiman warga yang sudah mendapat pendistribusian air bersih kerja sama BPBD dengan Perumda Air Minum Tirta Bumi Wibawa. Lokasinya tersebar di Kecamatan Lembursitu maupun Kecamatan Cikole.

0 Komentar