Target Zero New Stunting, Seluruh Stakeholder Diminta Fokus Sasaran

Target Zero New Stunting, Seluruh Stakeholder Diminta Fokus Sasaran
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menghadiri  Focus Group Discussion (FGD) program Rabu Observasi dan Aksi Sinergi Penanganan New Stunting (ROASTING) secara virtual di Ruang Pertemuan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/08).

FGD ini ikuti Tiga kecamatan yaitu Kecamatan Kadudampit, Lengkong dan Simpenan. Ketiganya, melaporkan inovasi dan interpensi pencegahan stunting 

BACA JUGA: Semua Pihak Diminta Bergerak Tuntaskan Penanganan Stunting

Inovasi Kecamatan Kadudampit adalah  Pentas Sigesit (pendekatan lintas sektor akselerasi sigap stunting). Lalu Kecamatan Lengkong ada inovasi lomba sehat bunda pintar (lomba untuk memotivasi bayi sehat dan bundanya pintar) sementara inovasi dari Kecamatan Simpenan adalah  sisa ceting (simpenan siap cegah stunting).

Baca Juga:Pemkab Kerjasamakan Pengelolaan Sampah Menjadi RDFHasil Survei Cawapres Ridwan Kamil Tertinggi

Iyos dalam menyampaikan bahwa dalam penanganan stunting harus fokus terhadap sasarannya.

“Kita bisa menurunkan angka stunting secara signifikan apabila terus fokus, sasarannya ibu hamil KEK dan anak yang di intervensi stunting dengan cara memberikan beras nutrizinc dan menjadi orang tua asuh anak  stunting dengan fokus selama 3 bulan,” ungkapnya

BACA JUGA: Roasting di Warungkiara, Iyos Launching 12 Inovasi Desa

Ia menyampaikan bahwa salah satu faktor stunting adalah pernikahan anak oleh karena itu semua harus sepakat untuk mencegah pernikahan anak.

“Penikahan anak juga merupakan faktor dari stunting Yang harus di cegah  maka kita sepakat untuk mencegah pernikahan anak,” ujarnya

Terkait dengan survey kesehatan indonesia, Wabup menghimbau kepada stakeholder  untuk mengawal, memfasilitasi, dan membantu agar hasil SSGI dengan hasil FPPGDM bisa valid.

BACA JUGA: Sekda Hadiri FGD Pemetaan Kerawanan Korupsi Sektor Pendidikan

Lebih lanjut dalam rangka memberantas dan mengurangi angka stunting menuju Kabupaten Skabumi zero new stunting, Iyos mengapresiasi semua inovasi-inovasi yang sudah di lakukan oleh kecamatan dan desa. (IST)

0 Komentar