Mewujudkan Kota Literasi Lewat Event Festival

Mewujudkan Kota Literasi Lewat Event Festival
0 Komentar

SUKABUMIEKSPRES – Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji menghadiri Festival Literasi dengan tema Hayu Babarengan Urang ka Pabukon di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Sukabumi, Rabu (27/9). Pada momen tersebut, Kusmana mendorong Kota Sukabumi jadi kota literasi yang warganya gemar membaca.

Hadir dalam momen itu Pj Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Sukabumi Diana Rahesti Hartadji dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Galih Marelia Anggraeni.

“Literasi tidak lagi terbatas dimaknai kemampuan individu dalam menulis dan membaca. Tapi literasi dimaknai kemampuan individu mengolah informasi dan pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan permasalahan dihadapi guna meningkatkan kesejahteraan,” kata Kusmana.

Baca Juga:Sehari Tiga Kali Kebakaran Lahan,Dipicu Kondisi Kemarau PanjangKecamatan Citamiang Monitoring Pelaksanaan Dana Kelurahan

Literasi jadi sarana meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih baik. Harapannya perpustakaan bisa jadi basis ilmu pengetahuan yang nanti akan berperan penuh mewujudkan Kota Sukabumi sebagai Kota Literasi.

Kusmana berharap dengan kegiatan Festival Literasi semua warga bersemangat meningkatkan literasi sehingga makin banyak masyarakat teredukasi. Terutama generasi muda generasi penerus bangsa dalam membangun karakteristik.

“Saya berharap generasi muda Kota Sukabumi yang hampir 50 persen penduduknya berusia di bawah 30 tahun dapat membangun literasi,” kata Kusmana.

Literasi sangat penting jadi modal dalam memilah mana yang positif dan mana negatif. Keberhasikan suatu bangsa ditentukan kualitas generasi bangsa ditentukan generasinya.

“Festival Literasi ini bisa mengantisipasi tantangan era globalisasi dan bonus demografi. Dengan meningkatnya literasi, maka akan bijak memanfatkan teknologi,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi Galih Marelia Anggraeni mengatakan, sasaran strategis kegiatan ini meningkatkan budaya literasi dan perpustakaan.

“Kegiatan ini merupakan puncak dari Festival Literasi yang dimulai sejak awal 2023,” jelasnya.

Baca Juga:Gema Afik, Cara Puskesmas Cikundul Tingkatkan Kesehatan MasyarakatKelurahan Tipar Salurkan Beras CBP Tahap Kedua

Targetnya, kata Galih, bisa membudayakan gemar dan minat membaca dalam upaya mewujudkan Kota Sukabumi sebagai Kota Literasi. (rls)

0 Komentar