BPBD Monitoring Wilayah untuk Mitigasi Bencana

BPBD Monitoring Wilayah untuk Mitigasi Bencana.
BPBD Monitoring Wilayah untuk Mitigasi Bencana.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi rutin melaksanakan pengawasan ke setiap wilayah di 33 kelurahan. Tujuanya untuk mitigasi bencana. BPBD Monitoring Wilayah untuk Mitigasi Bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taupik, mengatakan pengawasan tersebut merupakan bagian dari program baru BPBD dalam rangka penanganan bencana. Secara rutin, kata Novian, para petugas BPBD berkeliling ke 33 kelurahan.

“Mereka memantau situasi di wilayah terkait pencegahan dan penanganan pascabencana. Jadi, intinya kegiatan ini merupakan bagian dari mitigasi bencana,” kata Novian, belum lama ini.

Baca Juga:Cegah Penyebaran Rabies di Kota SukabumiTNI Harus Jaga Kondusifitas Daerah Menjelang Pemilu

Novian menjelaskan setiap hari para petugas BPBD akan mengunjungi dua kelurahan.Fokus pemantauannya adalah lokasi rawan bencana. BPBD Monitoring Wilayah untuk Mitigasi Bencana.

“Jadi, kami tidak menunggu bola, tapi jemput bola. Monitoring ini ibaratnya seperti Siskamling. Setiap hari dijadwalkan dua kelurahan yang dimonitoring,” jelasnya.

Setiap kali monitoring, kata Novoan, para petugas berkoordinasi dengan aparatur kecamatan maupun kelurahan termasuk masyarakat. Dari koordinasi itu diketahui berbagai masalah yang mungkin terjadi dalam penanganan bencana.

“Kami juga koordinasi dengan aparat wilayah seperti RT dan RW, barangkali ada yang tidak tersampaikan kepada aparat pemerintah mengenai keluhan atau kendala terkait bencana,” pungkasnya. (ist)

0 Komentar