Diskumindag Dorong Koperasi Lakukan RAT

Diskumindag Dorong Koperasi Lakukan RAT
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi menndorong para pelaku koperasi rutin melaksanakan rapat anggota tahunan. Pasalnya, sampai saat ini masih terdapat koperasi yang tidak melaksanakannya.

“Kami rutin menyurati setiap koperasi agar melaksanakan RAT. RAT ini merupakan bentuk pertanggungjawaban pengurus dan pengawasan kepada para anggota,” kata Kabid Koperasi Diskumindag Kota Sukabumi Agus Mulyana, kemarin (12/10).

Berdasarkan catatan Online Data Sistem (ODS), di Kota Sukabumi terdapat 362 koperasi. Dari jumlah tersebut hanya 70 koperasi yang dinyatakan aktif secara rutin melakukan RAT. Namun, ada juga koperasi yang melakukan RAT tapi tidak melaporkanya.

Baca Juga:Awasi Penyaluran Bantuan Pangan CBP,Pastikan Distribusinya Tepat SasaranMayat Laki-laki Ditemukan Terselip Bebatuan di Aliran Sungai Cimandiri 

“Ya, hanya 70 koperasi raja rutin melakukan RAT setiap tahunnya. Tapi, ada yang melaksankan RAT namun tidak melaporkanya ke kami,” ucapnya.

ODS merupakan sebuah sistem pendataan agar data koperasi lebih akurat. Sehingga, setiap ada koperasi yang baru pasti tercatat di ODS dan juga di kementrian.

“Kemudian, berbeda jika koperasi yang sudah berdiri namun belum mengajukan pengesahan dan di Kemenhumkan tidak akan tercatat,” jelasnya.

Sedangkan untuk mendirikan koperasi, lanjut Agus, saat ini cukup dengan 9 orang kemudian mengadakan rapat pembentukan, termasuk memilih ketua, pengurus, dan pengawas.

Setelah itu, baru dibawa ke Notaris Pembuat Akte Koperasi (NPAK) untuk mendapatkan akte pendirian surat dokumen lainya. Setelah itu baru pengajuan pengesahan ke Kemenhumkan yang nantinya akan masuk ke ODS.

“Jadi, ada notaris khusus yang mengeluarkan akte koperasi yakni NPAK. Perizinanya juga serba online tidak dibuat dari kita. Kami hanya memasukan data setelah muncul nama koperasi di ODS,” cetusnya.

Rata-rata koperasi di Kota Sukabumi bergerak pada sektor konsumen atau lebih ke penyediaan kebutuhan anggotanya. Seperti, koperasi sekolah yang menyajikan kebutuhan baju seragam sekolah dan sejenisnya.

Baca Juga:Satu Unit Rumah di Nagrak Rusak Akibat Tertimpa Pohon Belasan Pejabat Administrator dan Pengawas Disdukcapil Dilantik

Diskumindag terus melakukan pembinaan kepada seluruh koperasi yang ada. Salah satunya dilibatkan dalam agenda sosialisasi.

0 Komentar