Ratusan Rumah di Sukamanis Kadudampit Teraliri Listrik Program BPBL

Ratusan Rumah di Sukamanis Kadudampit Teraliri Listrik Program BPBL
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Ratusan rumah di Desa Sukamanis, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi teraliri listrik berkat program bantuan pasang baru listrik (BPBL) dari Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, PT. PLN (Persero), PT. Icon Plus. Dimana program ini berkat dorongan aspirasi dari perwakilan DPR RI di Komisi VII, Ribka Tjibtaning dari Fraksi PDI Perjuangan.

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 1.703 penerima program BPBL di Kabupaten Sukabumi. Jumlah tersebut tersebar di 26 kecamatan. Di mana, salah satunya Desa Sukamanis mendapatkan 107 BPBL untuk masyarakatnya.

BACA JUGA: Resmikan Plant Pertama di Indonesia, Kementerian ESDM: “PLN Miliki Cara Paling Cepat Hasilkan Green Hydrogen”

Baca Juga:Lulusan STISIP Widyapuri Harus Bisa Berdaya Saing di Era DigitalThariqoh Shiddiqiyyah Bangun Pesantren di Cisolok Sukabumi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami mengaku bersyukur masyarakat Desa Sukamanis bisa memiliki listrik secara pribadi. Apalagi, listrik sudah menjadi kebutuhan pokok di era saat ini. 

“Warga (Desa Sukamanis) sebetulanya telah ada listrik di setiap rumahnya. Namun, merek nyolok dari tetangganya. Sekarang mereka telah memiliki kWh sendiri. Lewat program ini, mereka tidak perlu nyolok ke tetangga lagi,” ujarnya saat menghadiri peresmiaan dan penyalaan pertama BPBL di Desa Sukamanis, Sabtu (14/10).

BACA JUGA: Bupati Sukabumi dan Staf Ahli Menko Polhukam Bahas Optimalisasi Penguatan Ekonomi

Marwan meyakini program pemasangan listrik gratis ini dapat menciptakan miltiplier efek bagi masyarakat. Terutama dari sisi kesejahteraanya.

“Pasti akan banyak perubahan positif pasca adanya aliran listrik sendiri di setiap rumah warga. Mudah-mudahan bisa meningkatkan UMKM dan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. 

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Havidz Nazif menambahkan, program ini terbentuk atas inisiatif bersama. Sebab, listrik telah menjadi kebutuhan bersama.

“Lewat kolaborasi, program ini bisa dibentuk dan diimplementasikan. Semoga program ini benar-benar bisa menggerakan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:Para Santri Harus Bertransformasi DigitalHarga Daging Ayam Kembali Turun

BACA JUGA: Sinergitas PLN UP3 Sukabumi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi, Demi Tingkatkan Kolaborasi

Vice President Pengembangann Listrik Desa dan Sistem Isolated PT. PLN (Persero) Lambas Richard Pasaribu menambahkan, para penerima program ini telah memenuhi syarat yang telah ditentukan. Hal itu terutama bagi rumah yang belum teraliri listrik.

0 Komentar