Penjelasan Puskesmas Warungkiara Soal Diduga Ada Anak Kurang Gizi

Penjelasan Puskesmas Warungkiara Soal Diduga Ada Anak Kurang Gizi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Kepala Puskesmas Warungkiara, Udrimi mengklaim sudah melakukan penangan secara maksimal terkait dengan kondisi Putri, anak perempuan berusia 8 tahun yang diduga kekurangan gizi dan berkebutuhan khusus sejak lahir.

Ia juga membenarkan kondisi kesehatan dan fisik Putri memang tidak bisa berjalan sama sekali. Kasus penyakitnya sudah muncul di tahun 2017.

“Sudah kami tangani dan sudah kami rujuk ke Rumah Sakit Sekarwangi,” ungkapnya, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga:Forkopimda Kabupaten Sukabumi Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2024Tuntaskan 190 Ha Kawasan Kumuh

Udrimi menuturkan, awal mula penanganan pasien atas nama Putri, dengan diagnosa awal yang dikeluarkan oleh dr. Ervina, yang pada saat itu pemeriksaan di Puskesmas Warungkiara, saat Putri berusia 2 tahun.

“Saat itu dengan diagnosa dengan dikeluarkan oleh dr. Ervina dari Puskesmas Warungkiara di usia 2 tahun belum bisa berjalan dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi, jadi itu awal mula kami mengetahui kondisi Putri,” jelasnya.

Kemudian sambung Udrimi, setelah dari hasil pemeriksaan di RSUD Sekarwangi, dikarenakan hasil diagnosa Putri sudah diketahui untuk pemeriksaan lebih lanjut, kemudian dirujuk lagi ke RSUD Bunut.

“Dari RSUD R Syamsudin (Bunut) keluarlah hasil diagnosa penyakitnya, yaitu Celebral Palsy (CP) Delit Devlopment ECHOL. Itu adalah diagnosa terakhir yang diderita oleh Putri saat berusia 2 tahun pada waktu itu,” jelasnya

Udrimi mengaku sudah melakukan penanganan sejak tahun 2017 dan terus melakukan pemantauan perkembangannya. Dari tahun 2017 untuk pengobatan Putri itu menggunakan fasilitas Jamkesda sebelum adanya KIS pada tahun 2023.

“Jadi pasien ini sudah kami tangani di tahun 2017, kemudian selama tahun 2017 itu setelah pulang dari RS kami juga memantau perkembangannya sampai dengan saat ini ditemukan masih belum bisa berjalan dengan diagnosa yang ada,” bebernya.

Udrimi membenarkan, bahwa sampai saat ini kondisi Putri masih belum bisa berjalan. Pihaknya juga mengimbau kepada keluarganya agar dapat mengerti dengan kondisi Putri yang saat ini terjadi.

Baca Juga:Deklarasi Damai Jaga Kondusitivas Pemilu 2024Dua Bangunan Rumah Ambruk saat Hujan Deras

Kami sudah aproxy mereka dengan memberikan penyuluhan sedemikian rupa, sehingga untuk keluarga Putri diharapkan dapat mengerti apa yang diderita oleh Putri, sehingga orang tuanya bisa paham dan antusias untuk melakukan pemeriksaan kembali Putri,” ucapnya.

0 Komentar