Anggota DPRD Apresiasi Gerakan Aksi Penanaman Sejuta Pohon

Anggota DPRD Apresiasi Gerakan Aksi Penanaman Sejuta Pohon
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Gerindra, Usep Wawan mengapresiasi aksi menanam sejuta pohon secara serentak yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bekerjasama dengan Polres Sukabumi.

Diketahui aksi penanaman pohon secara serentak ini dilaksanakan di area Polres Sukabumi, seluruh jajaran Polsek dan di Sirkuit Manangel, Kampung Cikeong, Desa Cimanggu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Rabu (15/11/23).

Usep Wawan berharap aksi ini tak sebatas menanam saja. Namun juga harus dirawat dan di jaga dengan baik agar bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Baca Juga:Kamabiran Diminta Dapat Menguatkan Gerakan Organisasi PramukaBupati Serahkan Hasil Bedah Rumah Kepada Warga Pasanggrahan

“Kita sangat mengapresiasi, bersyukur dan berbangga hati. Sebagai masyarakat Kabupaten Sukabumi tentunya kita harus bisa bersahabat dengan pohon,” ujar Usep kepada awak media, Rabu (15/11/23).

“Pohon bukan hanya ditanam, tapi dipelihara dan dimanfaatkan. Karena bagian dari sumber kehidupan bagi manusia, baik untuk kesehatan, ketahanan pangan dan lain sebagainya. Maka dari itu, kita harus senantiasa bersahabat dengan pohon, menanamnya, memeliharanya, jangan hanya sekedar mengambil manfaatnya, memetik buahnya dan memotong pohonnya,” jelasnya

Terkait banyaknya lahan yang gundul Usep mengatakan, aset pemerintah kedepannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, berharap di 2024 ada lagi program penanaman pohon.

“Mudah mudahan aset aset pemerintah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, lahan tidur mudah mudahan di 2024 ada aksi penanaman pohon terus di masyarakat, sehingga nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat semuanya,” tandasnya

Sementara Kabag Ops Polres Sukabumi Kompol Maryono Edi Suseno menegaskan bahwa aksi penanaman sepuluh juta pohon ini sebagai bentuk penanganan global warming, atau panasnya cuaca yang terjadi di Indonesia.

“Terkait penanaman pohon ini, bahwa ini merupakan kebijakan pemerintah, dengan penanaman pohon sebanyak 10 juta pohon secara serentak se Indonesia, kami Polres Sukabumi mengimbangi kegiatan tersebut,” ujarnya.

Maryono mengatakan, dipilihnya pegunungan, karena memang terbuka dan pohon di tempat tersebut dirasa kurang, sehingga dltitik penanaman di tempat tersebut.

Baca Juga:Warga Keluhkan Jalan Rusak di Ruas Bojonglopang-CimerangPuluhan Kades Terpilih Dilantik

“Total yang kami tanam 2.000 pohon, di lokasi Sirkuit Manangel 500 pohon, kemudian1.500 pohon di sebar di jajaran polsek,” ungkapnya . 

“Kita memilih penanaman pohon di area gunung manangel berdekatan dengan sirkuit karena lokasinya memang terbuka dan pohon pohonya memang kurang sekali.pohon yang ditanam sesuai imrekomendasi dari pemerintah, ada pohon Jengjeng, pohon buah dan  pohon keras lainnya,” terangnya (mg3)

0 Komentar