KPU Kebut Sorlip Surat Suara

KPU Kebut Sorlip Surat Suara
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi telah menerima logistik berupa surat suara DPR RI dan DPRD provinsi, Sabtu (6/1). Jumlahnya masing-masing sebanyak 263.616 lembar ditambah surat suara tambahan sebanyak dua persen.

“Jumlah surat suara yang kita terima totalnya sebanyak 527.232 lembar untuk DPRD provinsi dan DPR RI,” ujar Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno kepada wartawan di gudang logistik KPU di Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong, Minggu  (7/1).

Hingga saat ini, kata Iman, berarti KPU Kota Sukabumi telah menerima empat jenis surat suara yaitu DPD RI, DPRD kota, DPRD provinsi, dan DPR RI. Satu jenis surat suara yaitu Capres dan Cawapres rencananya akan diterima pada 10 Januari.

Baca Juga:Prioritaskan Pembangunan TPT dan DrainaseInvestasi Serap Belasan Ribu Tenaga Kerja

“Semuanya ada lima jenis surat suara. Tinggal satu yang belum yaitu Capres dan Cawapres,” terangnya.

Surat suara yang sudah diterima selanjutnya akan dilakukan penyortiran dan pelipatan. Pelaksanaannya dimulai hari ini.

“Jadi rencana tenaga yang kita butuhkan itu berjulmlah 100 orang dengan target pengerjaan selama 10 hari. Kemudian bakal kita lakukan secara bertahap mulai besok (hari ini) dari DPRD provinsi dan DPR RI,” ungkapnya.

KPU mengucapkan terima kasih terhadap unsur kepolisian yang telah mengawal dari awal penjemputan hingga menuju gudang logistik.

“Kita terus bersinergis dengan semua unsur agar Pemilu 2024 berjalan aman, damai, dan kondusif,” pungkasnya.

KPU Kabupaten Sukabumi melibatkan sebanyak 1.340 relawan pada kegiatan sortir dan pelipatan (sorlip) surat suara Pemilu 2024.

Sorlip dilaksanakan mulai Sabtu (6/1) di gudang logistik KPU Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Sukaraja.

Baca Juga:Polisi Amankan Puluhan Remaja, Kedapatan Konsumsi MirasPol Airud Klaim Hiu Tutul Terdampar di Pantai Palabuhanratu, Hoak

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Kasmin Belle mengatakan, sebanyak 1.340 relawan sorlip ini sebelumnya sudah melewati tahapan seleksi guna memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Relawan direkrut dari kalangan masyarakat di setiap daerah pemilihan di Kabupaten Sukabumi.

“Penyortiran serta pelipatan akan dilakukan sebanyak 1.340 orang, dibantu 134 petugas packing, 67 petugas supervisor, serta melibatkan unsur mahasiswa dan internal KPU termasuk 18 orang pengawas internal KPU,” tuturnya.

Adapun jumlah surat suara yang di-sorlip sebanyak 2.041.034 lembar per jenis surat suara plus termasuk 1.000 surat suara pemungutan suara ulang (PSU).

0 Komentar