Debat Terakhir Jadi Pemungkas Bisa Jadi Penentu 10 Persen Swing Voters

Debat Terakhir Jadi Pemungkas Bisa Jadi Penentu 10 Persen Swing Voters
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Sebanyak 15 lembaga survei merilis elektabilitas capres-cawapres jelang Pilpres 2024. Rata-rata mencatatkan 10 persen pemilih belum menentukan sikap.

Prosentase 10 persen ini menjadi peluang bagi para kandidat untuk dapat menarik pemilih yang belum menentukan pilihannya. Masih ada waktu kandidat untuk menarik pemilih ini.

Dosen Ilmu Politik Unhas Endang Sari, mengatakan kelompok swing voters ini masih melihat dan menunggu. Hasil pilihan mereka ini bisa dipengaruhi oleh situasi aktual yang terjadi pada proses politik yang sementara berjalan.

Baca Juga:Tak Sampai Satu Pekan, Enam Bencana Alam Landa Wilayah WarungkiaraUmmi Dorong Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif di Sukabumi

Menurutnya, debat kandidat juga adalah ruang yang besar bagi mereka untuk menentukan pilihannya.

“Termasuk sikap mereka (swing voters) apakah akan menggunakan pilihan atau tidak,” katanya, Selasa, 23 Januari.

Sebanyak 10 persen swing voters ini menjadi ruang terbuka perebutan ketiga paslon. Akan tetapi, Endang mengingatkan pada pilpres Amerika Serikat (AS) yang pernah dilaksanakan debat pertama antara Richard Nixon dan John Kennedy.

Nixon dalam survei selalu teratas, tetapi yang terpilih adalah Jonh Kennedy.

“Itu karena pengaruh debat. Jadi ruang seperti itu juga masih terbuka kemungkinan, walaupun hasil rilis dari semua lembaga survei hampir sama dengan posisi teratas,” ungkapnya.

Sehingga, mantan Komisioner KPU Kota Makassar periode 2018-2023 ini yakin efek debat itu tetap luar biasa dalam menentukan hasil pemilu nantinya. Sehingga debat terakhir nanti akan menjadi pemungkas untuk menarik pemilih.

Termasuk kata dia, debat ini dapat memengaruhi pemilih yang saat ini sudah menentukan pilihan. Pengaruh debat kemungkinan masih terjadi perpindahan pilihan.

Baca Juga:Hilang Kendali di Tikungan Jalan, Pengendara Motor Terjun ke JurangBPSK Harus Bisa Selesaikan Sengketa Konsumen

Menarik swing voters ini kata dia sangat penting karena hampir semua lembaga survei belum ada pasanga capres-cawapres yang di atas 50 persen hasil surveinya.

“Jadi akan sangat berpengaruh 10 persen ini,” sebutnya.

Debat ini juga bisa menjadi ruang bagi pemilih untuk memilih atau tidak. Namun, dengan situasi sekarang, di mana pilpres menjadi perbincangan di semua sisi. Endang memprediksi kemungkinan besar angka partisipasi akan sangat tinggi untuk pemilu.(*/fajar)

0 Komentar