5 Inspirasi Menu Buka Puasa untuk Diet yang Sehat dan Rendah Kalori

Ilustrasi makanan sehat sayuran
Ilustrasi makanan sehat sayuran
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Puasa bukan menjadi halangan untuk mengesampingkan program diet. Sebab, banyak menu buka puasa untuk diet yang bisa dipilih.

Ramadhan justru menjadi momen yang tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan menjaga berat badan.

Memilih menu buka puasa yang rendah kalori, kaya serat, dan tinggi protein merupakan pilihan tepat agar kenyang lebih lama.

Baca Juga:Puncak Muhibbah Ramadan, Pemkab Akan Gelar Nuzulul Qur'anPalabuhanratu Titik Nol Kilometer Kabupaten Sukabumi

5 Inspirasi Menu Buka Puasa untuk Diet yang Sehat dan Rendah Kalori

Memperhatikan asupan makanan berbuka puasa untuk orang yang sedang menjalani diet ternyata cukup penting. Hal ini berguna untuk menghindari kenaikan berat badan yang tidak terkontrol saat berpuasa. Sebab, banyak godaan makanan yang menggiurkan sehingga tidak jarang menggagalkan program diet.

Untuk mendukung program diet selama berpuasa sebaiknya mengkonsumsi menu makanan sehat yang rendah lemak dan kalorinya tercukupi.

Berikut ini menu buka puasa untuk diet yang bisa Anda coba:

1. Tiga Kurma dan Segelas Air

Menu diet saat berpuasa yang dianjurkan yaitu mengkonsumsi tiga buah kurma dan segelas air. Kurma akan memberikan energi lebih cepat karena kandungan gula alami. Selain itu, buah kurma juga kaya kandungan zat gizi tinggi, seperti kalium, magnesium, dan vitamin.

Sementara itu, air putih akan membantu menghidrasi tubuh karena kurangnya cairan setelah seharian berpuasa.

2. Sup Sayuran dan Daya Ayam

Sup sayuran tidak hanya bisa dikonsumsi saat berbuka saja. Menu diet ini bisa Anda konsumsi saat sahur. Hidangan ini terdiri dari ayam, wortel, brokoli, kembang kol, kentang yang dicampur dengan rempah-rempah.

Baca Juga:Mahasiswa KKN UNP Ciptakan Alat Pengolah Air BersihPerbaikan SMPN 1 Jampangtengah Tunggu Waktu

Bahan-bahan yang digunakan dalam sop sayuran tinggi akan protein, serat serta rendah kalori.

Anda bisa menggunakan dada ayam yang menjadi menu andalan orang yang sedang berdiet. Sebab, kandungan kalorinya yang rendah setiap 172 gram ayam memiliki kalori sebanyak 284 dan 53 gram protein.

Menu makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama tanpa memberikan terlalu banyak asupan kalori. Sup sayuran akan membantu mengendalikan berat badan selama berpuasa.

3. Dada Ayam

Anda juga bisa mencoba menu ikan kukus yang kaya akan vitamin,  mineral, dan protein. Bagi Anda yang menyukai ikan dibandingkan daging, menu ini cocok masuk list. Menu diet sehat ini akan lebih lezat dan segar untuk berbuka puasa jika dipadukan dengan kuah asam.

0 Komentar