Perbaikan Jalan Terkendala Cuaca

Ilustrasi
Pengendara sepeda motor melitas di ruas jalan rusak di Kelurahan Subangjaya Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES – Perbaikan infrastruktur jalan di Kota Sukabumi cukup terkendala dengan kondisi cuaca. Intensitas curah hujan yang relatif masih tinggi hingga saat ini membuat pengerjaan perbaikan tidak bisa dilakukan dengan cepat.

Pejabat Fungsional Teknik Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Sukabumi, Asep Supriyadi, mengatakan tahun ini Dinas PUTR menargetkan perbaikan 29 titik ruas jalan. Jumlah titik ruas jalan yang diperbaiki tersebut disesuaikan dengan pagu alokasi anggaran yang disediakan pemerintah daerah.

“Dari 29 ruas jalan, yang baru bisa dikerjakan baru empat titik. Kami cukup terkendala dengan kondisi cuaca,” kata Asep dikutip dari lama portal.sukabumikota.go.id, belum lama ini. 

Baca Juga:Pelajar Tingkat SD Ikuti Ajang Talenta Peserta DidikJumlah Pengunjung ke Cikundul Naik 30 Persen

Beberapa ruas jalan yang sudah diperbaiki di antaranya di Jalan Cikareo, Sawahbera, Prana, serta Puri Cibeureum I dan II. Asep optimistis pengerjaan perbaikan jalan bisa selesai sesuai target meskipun dihadapkan dengan kendala akibat kondisi cuaca.

“Insya Allah perbaikan ruas jalan yang lain bisa secepatnya diselesaikan. Pengerjaan perbaikan rata-rata dilakukan dengan pengaspalan,” tegas Asep.

Jumlah ruas jalan yang diperbaiki tahun ini, kata Asep, cenderung turun dibanding tahun lalu. Pada 2023, kata Asep, Dinas PUTR memperbaiki infrastruktur jalan di 44 titik ruas jalan.

Lokasinya antara lain dilakukan di ruas Jalan Abdul Azis dengan panjang 1.900 meter, di Jalan Amubawa Sasana sepanjang 1.027 meter, Jalan Jeruk Nyelap, Jalan Gunung Karang, Jalan Kapitan, Jalan Pabuaran, Jalan Palasari, serta Jalan Pemuda I dan II.

“Penurunan jumlah ruas jalan yang diperbaiki tentu berkaitan dengan semakin sedikitnya jalan yang rusak,” tuturnya. 

Sementara itu tingkat kemantapan kondisi jalan diklaim pemerintah daerah setempat sudah mencapai 86,87%.

Upaya akselerasi peningkatan kualitas jalan dilakukan secara rutin, termasuk saat menghadapi arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca Juga:Kelurahan Karamat Usulkan Perbaikan 91 Unit RutilahuPermudah Penerbitan Dokumen Lingkungan Hidup

Asep menyebutkan total terdapat 154 ruas jalan yang menjadi kewenangan Pemkot Sukabumi. Dari 154 ruas jalan itu, panjangnya mencapai 117,796 kilometer.

“Sampai saat ini, dari 117 kilometer panjang jalan yang jadi kewenangan kami, sekitar 102,376 kilometer atau 86,87 persen kondisinya bagus,” kata Asep. 

0 Komentar