Pariwisata Sukabumi Berpengaruh Signifikan Terhadap Perekonomian

IST
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Kabupaten Sukabumi
0 Komentar

SUKABUMI EKSPRES– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno melakukan kunjungan ke Kabupaten Sukabumi untuk melihat Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64 Tahun 2024, di Dermaga 1 PPNP Palabuhanratu, Kamis, (23/05) lalu. 

Kunjungan Menparekraf RI yang didampingi Bupati Sukabumi Marwan Hamami itu membawa kabar bahwa Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke 64 kembali masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

Berbagai kesenian ditampilkan saat menyambut kedatangan Sandiaga Salahudon Uno ke Palabuhanratu, mulai dari tari-tarian tradisional sampai dengan atraksi laes. 

Baca Juga:DLH Kesulitan Tangani Sampah di Jalur Wisata SimpenanAngka Stunting masih Kisaran 26,9 Persen

Sandiaga Uno mengatakan, pariwisata Kabupaten Sukabumi membawa perubahan yang cukup signifikan terhadap taraf perekonomian masyarakat.

Dimana, semula kaum perempuan Kabupaten Sukabumi berprofesi sebagai tenaga kerja luar negeri kini menjadi pengusaha baik pengusaha homestay maupun pelaku UMKM.

“Event ini akan kita tingkatkan untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,” ujarnya. 

Ia menyatakan, selain Festival Hari Nelayan Palabuhanratu, Kemenparekraf juga akan terus mendorong potensi lain untuk masuk pada kalender event tahunan atau KEN, seperti Atraksi Laes dan Event Cimaja Surf Festival.

“Atraksi laes ini luar biasa, daya tariknya bisa dikembangkan menjadi event tersendiri dan bisa digabungkan dengan pengembangan Desa Adat yang ada di Kabupaten Sukabumi,” jelasnya. 

Sandiaga Uno mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama mendorong promosi dan peningkatan kunjungan wisatawan.

“Ini adalah kontribusi positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. 

Sementara itu, Marwan Hamami menginginkan bahwa event-event yang diselenggarakan Kabupaten Sukabumi bisa terus didorong agar bisa masuk kedalam Kharisma Event Nusantara seperti Festival dan Gelar Budaya Hari Nelayan Palabuhanratu Ke-64.

Baca Juga:BRIN Serahkan Hasil Penelitian Koleksi Museum Prabu SiliwangiAjak ASN Beli Produk UMKM

“Kita berharap suport dari Mas Menteri agar seluruh event yang di selenggarakan di kabupaten sukabumi bisa masuk kedalam KEN,” pintanya. 

Marwan berharap, kedepan festival yang masuk dalam KEN bisa terus bertambah untuk mendongkrak pergerakan ekonomi Kabupaten Sukabumi

0 Komentar