oleh

Pemkab Respon Kerjasama dengan PT. Agro Jabar

PENDOPO – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menerima kunjungan keja (Kungker) Direksi PT Agro Jabar di Pendopo Sukabumi, Senin (9/8). Kungker tersebut untuk membuka potensi kerjasama antara PT Agro Jabar dengan Perumda Agro Sukabumi Mandiri.

Dirut PT Agro Jabar, Kurnia Fajar mengatakan, kehadirannya ke Sukabumi untuk mengajak pemerintah setempat berkolaborasi. Khususnya dari sektor pertanian yang bisa memberikan nilai tambah bagi para petani. “Kami punya pola konsep Kolaborasi ketahanan pangan. Dimana, stakeholder daerah menjadi ujung tombak pasokan dari petani,” ujarnya.

Salah satu hal yang bisa dikolaborasikan ialah terkait ketersediaan lahan. “Kami tak sekadar menyimpan hasil pertanian. Namun menjamin pasar dan sektor pembiayaan juga. Bahkan, kami telah menanam jagung di beberapa provinsi,” ucapnya.

Bahkan, sejumlah hasil pertanian yang dikelola PT Agro Jabar diolah menjadi lebih bernilai. seperti Lemon yang diolah menjadi minuman Vitamin C. Bahkan, lemon ini akan dijual lewat apotek Kimia Farma di seluruh Indonesia “Kami juga menghadirkan produk beras juara yang semuanya 100 persen dari petani Jawa Barat,” ungkapnya.

Selain itu, kehadirannya ke Sukabumi untuk menyerahkan bantuan 2000 botol vitamin c untuk para tenaga Kesehatan (Nakes). “Para Nakes telah berjibaku dalam menangani Covid-19. Disini kami ingin membantu lewat produk yang kami olah,” terangnya.

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri mengatakan, kolaborasi dan sinergitas merupakan hal yang harus dilakukan. Sebab, kegiatan apapun tidak bisa berjalan kalau tak sinergis. “Kami pun di Kabupaten Sukabumi ada Perumda Agro Sukabumi Mandiri. Kehadiran Perumda ini bisa berkolaborasi dengan PT Agro Jabar,” bebernya.

Menurutnya, lahan pertanian di Sukabumi cukup luas dan memproduksi berbagai hasil pertanian unggulan seperti, padi, jagung, kedelai, hingga bunga. “Padi saja misalnya, di kita surplus 350 ribu ton. Makanya kami hadirkan Perumda Agro Sukabumi Mandiri agar harga hasil pertanian tak anjlok ketika panen raya. Kami juga berharap PT Agro Jabar bisa menjadi mentor kami dalam memajukan pertanian,” terangnya. (mg2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.