Kader Posyandu Ikuti Pembinaan Cegah Kasus Stunting

Kader Posyandu Ikuti Pembinaan Cegah Kasus Stunting
0 Komentar

SUKABUMI –  Kader Posyandu merupakan salah satu garda terdepan pemerintah mencegah munculnya kasus stunting. Hal tersebut disampaikan Ketua TP–PKK Kota Sukabumi Fitri Hayati saat membuka kegiatan pemberdayaan posyandu dalam pencegahan stunting di Kelurahan Gunung Puyuh, Rabu (14/12).

“Stunting bisa menjadi salah satu faktor rendahnya kualitas sumber daya manusia karena tidak berkembangnya kemampuan kognitif,” kata Fitri di sela kegiatan.

Untuk itu, sebut Fitri, peningkatan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat harus dilakukan sejak dini. “Utamanya pada 1.000 hari pertama kehidupan,” ungkapnya.

Baca Juga:Wujudkan ODF, Kelurahan Jayaraksa Kota Sukabumi Bangun 12 Septic Tank KomunalSetahun Terjadi 41 Kali Kebakaran

Selain itu Fitri menegaskan pengawasan yang dilakukan Posyandu terhadap tumbuh kembang balita seperti melalui pemberian kapsul vitamin A, pendidikan gizi bagi ibu, termasuk pengawasan kesehatan remaja, merupakan upaya lainnya yang harus tetap dilakukan untuk mencegah stunting.

Lurah Gunungpuyuh, Erwan Hermawan, mengatakan kegiatan diadakan dengan tujuan agar setiap anak, terutama di wilayahnya, dapat tumbuh dan berkembang secara optimal melalui keterlibatan Posyandu. Hal ini sejalan pula dengan target Pemerintah Kota Sukabumi yang berkomitmen menurunkan angka prevalensi stunting. (ist/portal.sukabmikota.go.id)

0 Komentar