Warudoyong Manfaatkan P2RW Tuntaskan Kawasan Kumuh

Warudoyong Manfaatkan P2RW Tuntaskan Kawasan Kumuh
0 Komentar

SUKABUMI – Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi akan memanfaatkan dana stimulan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) tahun ini untuk menuntaskan kawasan kumuh. Utamanya penuntasan Open Defecation Free (ODF) melalui penanganan septic tank komunal.

“Hasil kesepakatan melalui rembuk warga, tahun ini akan kita upayakan dukungan ODF ini dari P2RW,” kata Camat Warudoyong, Ratna Hermayanti, kepada wartawan, kemarin (2/1).

Sejauh ini baru tiga Kelurahan yang telah menandatangani komitmen ODF. Ketiga kecamatan itu telah merealisasikannya pada tahun lalu dengan memanfaatkan dana P2RW.

Baca Juga:Itda Kota Sukabumi Dinilai Penuhi Kompetensi dan KapasitasHarga Komoditas Cabai Berubah-ubah

Tahun ini, lanjut Ratna, hasil rapat koordinasi dengan para lurah, meminta dua kelurahan lagi ikut mendukung upaya ODF. Di sisi lain, sebut Ratna, intervensi perangkat daerah teknis terhadap ODF sudah maksimal.

“Intervensinya berupa pemberian septic tank komunal maupun kamar mandi di rumah-rumah tidak layak huni (rutilahu). Ada dari Dinas PUTR, Baznas, serta Dinkes,” ujarnya.

Pemanfaatan dana P2RW tahun ini juga akan lebih fokus pada kegiatan fisik penuntasan kawasan kumuh. Hasil kajian bersama, kondisi berbagai infrastruktur semakin membaik.

Pembuatan septic tank komunal akan dibuat skala kecil yang diperuntukkan bagi 3-5 kepala keluarga (KK). Selama ini warga membuang ke selokan yang berdampak pada pencemaran aliran sungai.

“Kita upayakan corong-corong yang ada di selokan sungai kita alihkan ke septic tank komunal,” jelasnya. (ist/plt)

0 Komentar